Cara Cek Battery Health dan Usage di Apple Watch dengan Mudah

Cara Memeriksa Battery Health dan Battery Usage di Apple Watch (Apple)

JAKARTA - Saat ini banyak orang yang menggunakan Apple Watch untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk mengetahui kualitas kinerja dan fungsi dari Apple Watch, Anda perlu memeriksa battery health dan battery usage pada perangkat tersebut.

Jika Anda ingin memeriksa battery health dan battery usage dari Apple Watch, Anda dapat melihat informasi ini langsung di aplikasi Settings. Hal ini tentu berguna apalagi ketika baterai Apple Watch tidak dapat bertahan lama seperti biasanya atau Anda hanya ingin memastikan baterai tetap memiliki kapasitas maksimum selama mungkin.

Cara Memeriksa Battery Health dan Battery Usage Apple Watch

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa masa pakai baterai yang lebih pendek tidak selalu berarti ada yang salah dengan jam tangan Anda. Penuaan baterai adalah proses umum yang menyebabkan baterai Apple Watch menua seiring berjalannya waktu, sehingga kapasitas baterainya dapat berkurang secara bertahap.

Kondisi tersebut sebetulnya normal untuk semua baterai yang dapat diisi ulang, dan ini terjadi pada semua perangkat, termasuk iPhone Anda. Akan tetapi, Anda dapat memperlambat penuaan baterai, namun tidak ada cara untuk menghentikannya.

Jika Anda memiliki Apple Watch yang sudah tua, baterainya mungkin tidak lagi berfungsi pada kapasitas maksimum. Berikut cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch Anda:

  1. Tekan Digital Crown di Apple Watch Anda untuk menampilkan semua aplikasi.
  2. Buka Settings.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Battery.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Battery Health.

Setelah itu Anda dapat melihat persentase Maximum Capacity yang saat ini dapat dicapai oleh baterai Apple Watch Anda. Angka yang muncul adalah persentase dari kapasitas aslinya, di mana 80% biasanya merupakan saat baterai dianggap sudah habis dan mungkin perlu diganti. Di bagian bawah, Anda juga akan melihat tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ‘Optimized Charging for your Apple Watch’.

Sama seperti ada cara untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone, ada juga metode untuk membuat usia baterai di Apple Watch Anda tahan lama. Detail battery health dan usage Apple Watch yang dapat Anda lihat mungkin tidak setepat pada informasi yang diberikan iPhone, namun dengan memantaunya, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik baterai Apple Watch Anda bekerja, bahkan setelah Anda telah menggunakannya selama beberapa tahun.

Itu tadi cara memeriksa battery health dan battery usage di Apple Watch dengan mudah. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 04 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories