Cara Memberikan Keamanan Ekstra di Akun WhatsApp Anda

5 Cara Melindungi Privasi Anda di WhatsApp (freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, ada banyak orang yang ingin mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh orang lain khususnya dalam bidang komunikasi online menggunakan aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp.

Di era digital seperti sekarang, WhatsApp yang digunakan oleh banyak orang seringkali menjadi pusat dari keingintahuan orang-orang. 

Seperti yang Anda ketahui, sekarang WhatsApp menawarkan akses tak terbatas ke percakapan yang terenkripsi. Hal tersebut diklaim mampu membuat pesan tidak dapat dibaca oleh siapapun, kecuali oleh pengirim dan penerima.

Meski begitu, keingintahuan orang lain terhadap informasi pribadi yang tersimpan di WhatsApp tampaknya dimanfaatkan oleh para pelaku pembuat APK berbahaya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda tetap waspada. Berikut beberapa tindakan pencegahan penting untuk memperkuat pengalaman Anda saat menggunakan WhatsApp.

Cara Melindungi Keamanan di WhatsApp

1. Gunakan Keamanan Berbasis Biometrik

Aktifkan pembaca sidik jari ponsel Anda atau pengenalan wajah 3D. Hindari pengenalan wajah 2D karena lebih rentan. 

Gabungkan kedua opsi keamanan tersebut dengan menggunakan password atau PIN yang kuat untuk memiliki garis pertahanan pertama yang tangguh.

2. Swift Screen Lock

Jangan biarkan ponsel Anda menjadi sebuah ‘undangan’ terbuka. Waktu melakukan penguncian otomatis yang singkat memang meminimalkan celah bagi calon penyusup. Namun, ingatlah bahwa setiap detik sangat berarti di dunia digital.

3. Awasi WhatsApp Web

WhatsApp Web dapat menawarkan kemudahan, tapi Anda juga tetap harus waspada. Periksa sesi aktif WhatsApp web Anda secara berkala. Perangkat asing apapun yang masuk ke akun Anda tentu akan langsung memicu munculnya notifikasi atau peringatan untuk mengamankan akun Anda.

4. Gunakan Play Protect

Jangan biarkan solusi antivirus pihak ketiga mengacaukan segalanya. Jaga agar Google Play Protect di perangkat Anda tetap aktif untuk melindungi dari serangan aplikasi jahat. Play Protect juga akan memindai aplikasi baru untuk melindungi Anda dari penyusup yang tidak diinginkan.

5. Rahasiakan Nomor Anda

Kebijaksanaan adalah kunci agar tetap aman. Batasi peredaran nomor telepon Anda. Semakin sedikit orang yang memilikinya, maka akan semakin rendah kerentanan Anda.

Itu tadi beberapa tips melindungi privasi WhatsApp Anda. Hati-hati!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 30 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories