Cara Membersihkan AirPods Agar Tetap Awet dan Berfungsi Baik

Cara Membersihkan AirPods dengan Aman dan Tepat (Pexels.com/Ready Made)

JAKARTA - Saat ini tentu banyak orang menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau melakukan meeting online melalui perangkat ponsel, laptop, atau tablet. Namun, aksesori seperti AirPods, AirPods Pro, dan AirPods Max juga dapat menumpuk kotoran dan bakteri.

Anda tentu tidak ingin memasukkan AirPods penuh bakteri dan kotoran tersebut ke dalam telinga Anda karena berisiko menyebabkan iritasi atau infeksi.

AirPods Anda bisa jadi telah dikelilingi oleh tumpukan zat lilin, keringat, atau zat lainnya yang memengaruhi kinerja dan fungsinya.

Namun, saat memikirkan cara membersihkan AirPods atau AirPods Pro, mungkin akan tampak cukup rumit. Bahkan, AirPods Max yang berukuran lebih besar juga dapat membingungkan karena adanya campuran bahan pembuatnya. 

Namun, jangan khawatir. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan AirPods secara aman dan benar seperti berikut ini.

Cara Membersihkan AirPods

Cara Membersihkan AirPods

Pertama, hal yang harus Anda lakukan adalah soal pencegahan. Sebisa mungkin jagalah AirPods dan AirPods Anda terpapar dari kotoran dan air.

Anda juga harus menjaga agar AirPods Anda tidak jatuh. Anda bisa menggunakan silikon sederhana untuk mewadahinya. Saat AirPods max Anda tidak digunakan, segera simpan di dalam wadahnya daripada langsung meninggalkannya atau membiarkannya terlepas di dalam tas.

Produk yang Digunakan dan Dihindari Saat Membersihkan AirPods

Hal-hal yang harus disiapkan jika Anda ingin menjaga AirPods tetap bersih adalah kain yang tidak berburu, cotton swabs atau kapas penyeka, dan sedikit air.

Apple dulu hanya merekomendasikan penggunaan air dan kain bebas serat untuk membersihkan sebagian besar produknya, sebelum pandemi terjadi. Namun kini disebut diperbolehkan menggunakan tisu dengan isopropil alkohol 70%, tisu dengan etil alkohol 75%, atau tisu dengan desinfektan Clorox pada bagian luar AirPods, AirPods Pro, dan AirPods Max.

Meski begitu, sebaiknya Anda tetap menghindari penggunaan tisu yang disebutkan di atas pada bagian jaring rajutan atau bantalan telinga AirPods Max. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakan bahan pemutih atau bahan apapun yang mengandung hidrogen peroksida untuk membersihkan berbagai jenis AirPods.

Cara Merawat AirPods

Pemeliharaan adalah kunci untuk membuat AirPods Anda jadi awet. Oleh karena itu, untuk proses perawatan dasar, bersihkan AirPods, AirPods Pro, dan AirPods Max menggunakan kain kering dan tidak berbulu.

Anda tidak harus menggunakan kain yang mahal atau mewah seperti Polishing Cloth seharga US$19 yang dijual Apple. Anda dapat membersihkan mikrofon dan jaring speaker apapun menggunakan kapas kering.

Cara Membersihkan AirPods Secara Lebih Dalam

Jika AirPods terkena sesuatu seperti lotion atau makanan dan keringat, sebaiknya Anda menggunakan kain yang tidak berbulu, basahi dengan sedikit air, lalu gosoklah dengan lembut.

Setelah itu, keringkan menggunakan kain tidak berbulu lalu diamkan sebentar sebelum Anda memasukkan AirPods kembali ke dalam wadahnya.

Jika masih ada kotoran telinga di AirPods Anda, pegang AirPods Anda dengan jaring menghadap ke tanah, lalu usap perlahan dengan kapas kering. Jika masih ada kotoran yang tersangkut, coba gunakan tusuk gigi atau benda runcing kecil lainnya tapi tetap hati-hati di sekitar tepi jaring.

Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak tenaga saat menggunakan benda-benda runcing tersebut karena dapat melonggarkan atau mencabut jaring itu sendiri.

AirPods Pro juga memiliki bantalan telinga, jadi jika Anda ingin melakukan pembersihan secara lebih menyeluruh, lepaskan ujungnya dan bilas dengan air. Jika masih ada kotoran telinga atau benda lain yang menempel, gunakan kapas basah untuk menghilangkannya.

Keringkan bantalan telinga dengan kain yang tidak berbulu dan jangan dipasang kembali sampai bantalan benar-benar kering.

Untuk AirPods Max, cara terbaik membersihkannya adalah dengan menyekanya menggunakan kain yang tidak berbulu tapi sedikit lembap, kemudian keringkan setelah selesai. Hal ini karena AirPods Max adalah headphone, sehingga terdapat lebih banyak area permukaan yang dapat menarik kotoran.

Jika bantalan dan ikat kepala terlihat atau terasa kotor, Anda bisa sedikit mencucinya. lepaskan bantalan telinga terlebih dahulu untuk membersihkannya secara terpisah.

Kemudian, campurkan satu sendok teh deterjen lembut dengan secangkir air. Pastikan untuk menggunakan kain yang tidak berbulu untuk menyeka tali jam dan bantal dengan larutan tersebut.

Anda bisa melanjutkan dengan menyeka air saja pada kain lalu keringkan semua komponen AirPods Max secara menyeluruh.

Cara Membersihkan Casing AirPods

AirPods memang sering disimpan di dalam casing, Anda juga bisa menjaganya tetap bersih dengan beberapa cara. Pastikan Anda menggunakan kain yang bersih dan tidak berbulu.

Kain tersebut dibasahi dengan sedikit air atau menggunakan tisu beralkohol jika benar-benar dibutuhkan. Anda juga harus memastikan bahwa setelah dibersihkan, casing sudah benar-benar kering sebelum Anda memasang kembali AirPods Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan AirPods. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories