Cara Mencegah Baterai iPhone Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai iPhone Anda (Freepik.com/pvproductions)

JAKARTA - Baterai smartphone yang tiba-tiba habis saat Anda melakukan panggilan darurat, mengambil foto yang penting, dan sebagainya tentu akan terasa menyebalkan. Hal itu tentu membuat Anda tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara menghemat baterai di iPhone Anda untuk mencegah hal-hal seperti di atas terjadi.

Selain itu, langkah pencegahan ini juga akan membantu Anda menghindari kesulitan untuk terus-menerus bergantung pada pengisi daya setiap kali Anda meninggalkan rumah.

Cara Menghemat Pemakaian Baterai iPhone

1. Perbarui Software Terbaru

Ada banyak alasan Apple merilis pembaruan software, yaitu untuk meningkatkan pengaturan privasi, memperbaiki bug, dan menawarkan fitur baru. Setiap pembaruan software iPhone baru juga mencakup teknologi energi-saving yang canggih.

2. Refresh Aplikasi yang Paling Sering Anda Gunakan

Meski Anda tidak ingin menutup sebagian besar aplikasi sepenuhnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membatasi jumlah baterai yang digunakan ponsel saat aplikasi dibuka. Banyak aplikasi menggunakan background refresh otomatis saat tidak digunakan. Hal ini memungkinkan aplikasi untuk memeriksa pembaruan atau konten baru.

Ternyata, proses tersebut dapat menguras baterai Anda. Oleh karena itu, pentin untuk menentukan aplikasi mana saja yang dapat menggunakan fitur background refresh ini saat tidak digunakan.

3. Sesuaikan Tampilan

Layar iPhone saat ini mampu menampilkan tampilan yang cerah dan berkualitas. Akan tetapi, kecerahan tersebut dapat mengorbankan daya baterai Anda.

Kecuali Anda dapat menggunakan ponsel dalam keadaan cahaya super terang, Anda mungkin dapat meredupkannya tanpa mengganggu fungsionalitas atau kenyamanan. Apple bahkan memiliki pengaturan bawaan yang memungkinkannya merasakan kondisi cahaya sekitar Anda dan melakukan penyesuaian secara otomatis. 

Untuk mengaktifkannya, buka Settings, pilih Accessibility, tap Display & Text Size. Scroll ke bawah dan aktifkan Auto-Brightness.

4. Jangan Biarkan iPhone Jadi Terlalu Panas

Perlu Anda ketahui bahwa iPhone perlu didinginkan sebelum Anda dapat menggunakannya. Jika ponsel Anda terkena suhu yang sangat panas, maka efek kerusakan pada baterai akan bersifat permanen.

Selain itu, baterai iPhone juga tidak akan bertahan lama dalam sekali pengisian daya, bahkan mungkin tidak akan terisi lagi melebihi kapasitas 80%.

Anda juga bisa mengeluarkan ponsel dari casing terlebih dahulu saat mengisi dayanya. Hal ini karena desain casing tertentu dapat menghasilkan panas dan memengaruhi kinerja baterai.

Itu tadi penjelasan mengenai cara menghemat baterai iPhone Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 18 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories