Cara Mengeringkan Ponsel Tanpa Merendamnya dalam Beras

Cara Mengeringkan Ponsel Tanpa Memasukkan ke Dalam Beras (Freepik)

JAKARTA - Ponsel atau smartphone yang basah karena terkena air atau bahkan tercebur ke dalam air adalah salah satu masalah yang kerap terjadi saat ini. Bahkan, ada banyak tips yang mengklaim membantu mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan memasukkan ponsel ke dalam beras untuk mengeringkannya.

Namun baru-baru ini ada banyak pertentangan terhadap tips tersebut. Bahkan, Apple mengeluarkan imbauan untuk memperingatkan pengguna agar tidak memasukkan ponsel ke dalam beras untuk mengeringkannya.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat ponsel terkena cairan secara tidak sengaja? Berikut penjelasannya.

Cara Mengeringkan Ponsel

Seperti yang dilansir dari laman HT Tech, Anda cukup mengeringkan bagian luar ponsel dengan handuk atau kain bersih. Selanjutnya, keluarkan kartu SIM dan slotnya.

Jika memungkinkan, lepas casing ponsel bagian belakang dan baterainya untuk mengelap hingga kering. Selain itu, jika memungkinkan, matikan ponsel Anda.

Meski begitu, iPhone sebetulnya ponsel yang tidak dapat dibongkar. Oleh karena itu, Apple menyarankan Anda untuk mengetukkan ponsel secara perlahan ke tangan dengan port konektor menghadap ke bawah agar cairan dapat mengalir keluar.

Sedangkan Samsung yang merupakan pembuat ponsel Android terbesar merekomendasikan pengguna menggunakan cotton bud untuk menghilangkan kelembapan pada jack earphone dan port pengisian daya. Sebaliknya, Apple justru mengatakan bahwa cotton bud tidak boleh dimasukkan ke dalam bukaan iPhone.

Jika bukan karena ketumpahan air melainkan cairan lain seperti minuman, air laut, atau air kolam yang mengandung klor, Samsung menyarankan untuk merendam ponsel dalam air bersih selama beberapa menit lalu membilasnya untuk menghilangkan kotoran atau salinitas yang dapat mempercepat korosi pada sirkuit di dalamnya.

Meski begitu, kedua perusahaan tersebut sepakat bahwa yang terbaik adalah dengan meninggalkan ponsel di tempat yang berventilasi baik untuk mengeringkannya. Google juga mengatakan bahwa pengguna sebaiknya membiarkan perangkat mengering pada suhu kamar.

Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan

Sebaiknya Anda tidak menggunakan pengering rambut atau udara bertekanan untuk mengeringkan ponsel.

Selain itu, hindari memasukkan ponsel ke dalam freezer karena hal itu akan menghentikan perangkat Anda dari arus pendek, tapi masalahnya akan muncul kembali setelah Anda mencoba mencairkannya. Tidak hanya itu, hindari meletakkan perangkat Anda di dalam mesin pengering atau di atas radiator.

Anda juga tidak boleh menyalakannya atau mencoba mengisi daya dengan kabel, meski pengisian daya nirkabel tidak masalah jika Anda benar-benar perlu menyalakannya dalam keadaan darurat.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak boleh memasukkan iPhone ke dalam beras. Hal tersebut akan menyebabkan partikel kecil beras merusak iPhone.

Anda bisa menggantinya dengan silika gel, bahan pengering yang dapat menyerap kelembapan. Manik-manik silika gel biasanya dimasukkan ke dalam kemasan yang disertakan di kardus sepatu agar tetap kering.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan ponsel tanpa memasukkannya ke dalam beras.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories