Cara Spotify 'Ambil Alih' Dominasi YouTube dengan Fitur Video Musik Terbarunya

Spotify ‘Ambil Alih’ YouTube dengan Fitur Video Musik Baru, Ini Cara Menggunakannya (pexels.com/cottonbro)

JAKARTA - Spotify kini tampak mengambil alih kekuatan Google YouTube. Seperti dilansir dari laman Live Mint, Spotify umumkan fitur untuk memutar video musik dengan layar penuh.

Namun, fitur tersebut dikabarkan hanya dalam versi beta dan sekarang sedang tersedia untuk pelanggan Spotify Premium saja dan dapat diakses melalui layar Now Playing.

Perusahaan juga turut menjelaskan alasan di balik hadirnya fitur baru ini dalam sebuah postingan blog resminya. “Spotify adalah suatu tempat bagi para penggemar untuk menyelami musik dari artis secara lebih mendalam. Jadi apakah Anda seorang penggemar berat yang ingin menonton ulang video yang Anda sukai dan membagikannya dengan teman atau penggemar biasa yang sedang mencari rilisan baru, video musik akan menciptakan titik hubungan baru dengan para artis,” tulis Spotify seperti yang dikutip dari Live Mint.

Versi beta aplikasi Spotify dengan fitur video musik tersebut diluncurkan di pasar tertentu dengan kompatibilitas untuk sejumlah katalog terbatas pada video musik seperti hits dari artis-artis seperti Ed Sheeran, Doja Cat, dan ice Spice.

Fitur baru tersebut akan tersedia bagi pengguna premium Spotify di aplikasi-aplikasi pada perangkat iOS, Android, PC, dan TV. Namun, fitur terbaru ini kabarnya hanya tersedia di pasar terbatas di Belanda, Polandia, Swedia, Brasil, Kolombia, Filipina, Indonesia, dan Kenya.

 VP Global Head of Consumer Experience Spotify Sten Garmark mengatakan kepada TechCrunch bahwa untuk peluncuran beta, mereka memilih pasar-pasar tersebut berdasarkan sejumlah kriteria termasuk ukuran pasar dan ketersediaan dukungan konten lokal. Ia juga ingin pengguna tetap menantikan fitur ini dan akan memperluas katalog video musik dan meningkatkan ketersediaannya di lebih banyak negara.

Cara Menonton Video Musik di Spotify

1) Buka aplikasi Spotify di aplikasi Android, iOS, desktop, atau TV Anda.

2) Pastikan Anda telah berlangganan Spotify premium.

3) Putar trek atau lagu dan pilih tombol ‘Switch to Video’ pada trek musik yang didukung yang akan meminta video musik untuk mulai diputar dari awal. 

4) Anda juga dapat menonton video dalam mode layar penuh dengan memutar perangkat seluler dalam mode lanskap.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur baru di Spotify yang memudahkan pengguna menonton video musik di platform tersebut sekaligus cara menggunakannya.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 22 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories