Daftar Bank yang Gunakan Qris di Singapura, Persiapan Nonton Konser Coldplay!

Daftar Bank yang Gunakan QRIS di Singapura, Mudahkan Nonton Konser! (trenasia.com)

JAKARTA - Sekarang Anda tidak perlu repot menukar uang Rupiah dengan Dolar Singapura ketika akan berlibur di Singapura. Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) resmi menerapkan konektivitas pembayaran berbasis QR code lintas batas dengan menghubungkan QRIS milik Indonesia dengan QR Network for Electronic Transfers Singapore. (SGQR/SGQR+ berlogo NETS). 

Oleh karena itu, warga negara Indonesia yang berkunjung ke Singapura kini tak perlu repot menukarkan uang untuk bertransaksi. Sebab, mulai 17 November 2023, sistem QRIS langsung dapat dipakai sebagai alat pembayaran di Negeri Singa. 

Nah, berikut daftar aplikasi perbankann dan dompet digital yang bisa digunakan dan cara pakainya. Terlebih di awal tahun depan, diprediksi banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Singapura untuk menonton konser Coldplay yang berlangsung enam hari, yakni 23-31 Januari 2024 di Singapore National Stadium. 

Asal tahu saja, kerja sama ini, bukan hanya mempermudah wisatawan Indonesia saat berkunjung ke Negeri Singa tetapi juga memberikan keuntungan lebih bagi pelaku usaha di Tanah Air. Pasalnya, turis asal Singapura yang berkunjung ke Indonesia juga bisa melakukan transaksi yang serupa sehingga semakin lancar dan mudah.

Hal tersebut jelas akan memberikan keuntungan bagi wisatawan dari kedua negara, terlebih akhri ini menunjukkan adanya peningkatan pariwisata usai dihantam pandemi COVID-19. Tercatat, pada paruh pertama 2023, ada sekitar 600 ribu turis Singapura ke Indonesia, serta 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menegaskan bahwa interkoneksi pembayaran QR lintas negara ini adalah pencapaian signifikan dari upaya BI dan MAS dalam mendorong integrasi ekosistem digital keuangan, serta memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Singapura.

“Dengan kenyamanan pembayaran yang meningkat, interkoneksi ini akan mampu memperluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, khususnya usaha mikro dan kecil, melalui bertambahnya jumlah konsumen baru,” ujarnya melalu keterangan resmi, pada Minggu, 19 November 2023.

Namun perlu dicatat, tidak semua aplikasi bank (mobile banking) atau pun dompet digital Indonesia yang memiliki sistem QRIS dipakai sebagai pembayaran langsung di Singapura. 

Dijelaskan bahwa di Singapura, pedagang yang menerima aplikasi pembayaran QRIS Indonesia terbatas pada yang menggunakan QR NETS atau SGQR, termasuk SGQR+ dengan logo NETS. 

Sementara itu, di Indonesia, semua pedagang yang memanfaatkan pembayaran QRIS bisa menerima semua transaksi dari aplikasi pembayaran Singapura.

Daftar Aplikasi Pembayaran Indonesia yang Dapat Melakukan Pemindaian QR di Singapura

  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  3. Bank Syariah Indonesia (BSI)
  4. Bank Permata
  5. CIMB Niaga
  6. Bank Sinarmas
  7. Bank Mega
  8. Bank BPD Bali
  9. DANA
  10. Netzme

Daftar Aplikasi Pembayaran Singapura yang Dapat Melakukan Pemindaian QRIS:

  1. UOB
  2. OCBC

Cara Menggunakan QRIS di Singapura:

1. Buka aplikasi layanan pembayaran.

2. Pindai QR Singapura.

3. Masukkan jumlah dalam dolar Singapura.

4. Konfirmasikan tujuan dan jumlah dalam rupiah.

5. Masukkan PIN.

6. Transaksi berhasil.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 21 Nov 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 22 Nov 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories