Deretan Perusahaan yang Lakukan PHK Pekerjanya di Awal 2024

Deretan Perusahaan yang Lakukan PHK di Awal 2024 (Pixabay)

JAKARTA - Awal tahun 2024 ini kita sudah melihat berbagai kabar soal rentetan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK pada perusahaan teknologi, mulai dari e-commerce hingga raksasa Google diketahui mengurangi jumlah pegawainya.

Google mengumumkan telah memberhentikan ratusan karyawan di berbagai tim di setiap divisi Google Assistant, Devices, dan Services untuk memangkas biaya.

Melansir dari Reuters, Google memberhentikan ratusan orang di unit Voice Assistant-nya, ratusan peran di tim Pixel, Nest, dan Fitbit, hingga sebagian besar orang di tim augmented reality (AR). Kemudian, ratusan orang dalam tim teknik pusat Google juga terkena dampaknya.

Lalu perusahaan apa saja yang melakukan PHK di awal tahun 2024?

Perusahaan yang Lakukan PHK di Awal 2024

1. Lazada 

Berdasarkan catatan TrenAsia.com, Platform belanja online di Asia Tenggara, Lazada baru saja melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sekitar 20% dari total karyawan mereka dalam upaya restrukturisasi terbaru. Kabar ini disampaikan oleh LatePost pada hari Selasa, 9 Januari 2023.

Langkah pengurangan tenaga kerja ini tidak hanya berdampak terhadap karyawan baru, tetapi juga mencakup peran-peran senior. Langkah ini disebut-sebut diambil dengan harapan dapat mengurangi biaya operasional, mengingat Lazada melayani enam negara yang memiliki tim operasional dan dukungan sendiri-sendiri.

Pemutusan hubungan kerja ini dilaporkan mempengaruhi beberapa departemen, seperti tim komersial dan pemasaran. Namun, perusahaan menghindari mengungkapkan rincian jumlah karyawan yang terkena dampak di Singapura dan Asia Tenggara.

2. Flip

Menyusul Lazada, perusahaan teknologi finansial (fintech) Flip, yang dikenal sebagai penyedia layanan pembayaran dan transfer uang, mengumumkan keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sebagian karyawan mereka.

Rincian mengenai jumlah karyawan yang terkena dampak tidak diungkap secara rinci. Flip telah menegaskan komitmennya untuk memberikan kompensasi yang adil sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi untuk menjaga kelangsungan bisnis di tengah dinamika pasar yang berubah dengan cepat.

3. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Duolingo, memutuskan kontrak dengan 10% penerjemahnya bulan lalu dalam usaha mengintegrasikan kecerdasan buatan generatif atau AI ke dalam layanannya, seperti yang dilaporkan oleh beberapa sumber.

Juru Bicara Duolingo mengkonfirmasi pemotongan tenaga kerja pada bulan Desember 2023 kepada Bloomberg pada hari Senin, menyatakan bahwa Duolingo "tidak lagi memerlukan banyak orang untuk melakukan jenis pekerjaan yang dilakukan beberapa kontraktor ini."

Dalam pernyataan kepada Pittsburgh Post-Gazette, juru bicara Duolingo mengatakan perusahaan menggunakan "kecerdasan buatan untuk berbagai fungsi dan tugas berbeda," tetapi mengakui lagi bahwa "ada sejumlah kebenaran pada gagasan bahwa kecerdasan buatan berkontribusi pada pengurangan tenaga kerja kontrak kami."

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 12 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 01 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories