Deretan Resep Makanan yang Viral di Google Indonesia Selama 2023

5 Resep Makanan yang Paling Banyak Dicari Masyarakat Indonesia di Google 2023 (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google membagikan beberapa topik yang tren atau viral selama 2023, termasuk soal resep yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di Google.

Tidak mengherankan hal itu terjadi, karena masyarakat yang sebelumnya terpapar suatu topik masakan tertentu dari media sosial mungkin tergerak untuk ikut membuat masakan tersebut.

Berikut beberapa resep populer di Google yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia.

Resep Makanan Paling Banyak Dicari di Google 2023

1. Resep Seblak Rafael

Resep masakan khas daerah Sunda ini dicari banyak masyarakat Indonesia mulai 25 Juni sampai 1 Juli 2023. Seblak Rafael adalah makanan seblak coet yang terbuat dari kerupuk mawar yang pada tahun 2023 lalu dipopulerkan oleh Rafael Tan. Makanan bercita rasa pedas dan segar ini memang sering jadi favorit masyarakat Indonesia untuk camilan. 

2. Resep Es Lumut

Resep es lumut mencapai puncak pencarian di Indonesia tahun 2023 pada 19-25 Maret 2023. Es lumut sendiri bukanlah es yang terbuat dari lumut, tapi es yang berisi jeli yang dicampur dengan susu segar.

Minuman kekinian ini juga terbuat dari bahan yang cukup mudah diperoleh sehingga dapat dibuat sendiri di rumah, bahkan cocok untuk dijadikan jualan.

3. Resep Mochi Bites

Resep makanan ini banyak dicari masyarakat Indonesia pada 25 Juni sampai 1 Juli 2023. Mochi bites adalah suatu makanan camilan yang cukup viral di berbagai media sosial seperti TikTok dan Instagram. Seperti namanya, mochi bites adalah mochi yang berbentuk mini sehingga dapat dengan mudah dikonsumsi.

4. Resep Es Kulkul

Resep es kulkul tampak selalu dicari oleh masyarakat Indonesia, tapi paling banyak dicari pada 20-26 Agustus 2023. Es kulkul sendiri adalah buah yang ditusuk stik es lalu dilapisi cokelat lalu dibekukan sehingga bisa dikonsumsi seperti es krim. Buah yang biasa digunakan untuk membuat es kulkul adalah pisang, strawberry, dan sebagainya.

5. Resep Odeng

Kata kunci resep odeng dicari oleh masyarakat Indonesia paling banyak pada 30 Juli sampai 5 Agustus 2023. Odeng adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari ikan dan pada umumnya dijual di warung kaki lima. Biasanya, odeng disajikan dengan kuah kaldu hangat yang sangat nikmat dikonsumsi apalagi saat dingin.

Itu tadi beberapa resep makanan yang viral dan paling banyak dicari masyarakat Indonesia pada tahun 2023. Apakah Anda juga ikut mencarinya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 03 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories