Desa Batang Tajongkek Pariaman Kembangkan Sektor Budidaya Ikan Air Tawar

Desa Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, kembangkan budidaya ikan tawar (Foto: Diskominfo Pariaman)

Desa Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, kembangkan budidaya ikan tawar yang merupakan hasil pembinaan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman.

Hal tersebut dibuktikan dengan digerakannya program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) penambahan kolam ikan Desa Batang Tajongkek guna menunjang sektor Ketahanan Pangan dan Hewan.

Kepala Desa Batang Tajongkek, Riko Herianto, Jumat (11/3/2022), menerangkan kegiatan PKTD ini di anggarkan dari Dana Desa dan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat Desa Batang Tajongkek.

“Kita melalui Pemerintah Desa Batang tajongkek sedang mendorong sektor budidaya perikanan air tawar guna meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di desa," ujar Riko.

Sehingga, sambung Riko, dengan ini dibuat dan dikembangkan kolam ini, mampu menjadi nilai usaha ekonomi bagi masyarakat desa.

Adapun sektor budidaya ikan air tawar yang dikembangkan adalah budidaya ikan nila, hal ini berdasarkan tingkat perawatan dan pengembangan yang cukup mudah dan permintaan pasar yang lumayan tinggi sehingga peluang penjualan pun masih tinggi.

"Maka dari itu, kita berharap kepada masyarakat bagi yang mempunyai kolam agar dapat lebih mengoptimalkan dan mengembangkan untuk budidaya ikan air tawar ini. Selain itu Pengembangan sektor budidaya ikan air tawar ini adalah rangkaian pengembangan Integrated Farming System Desa Batang Tajongkek," tutup Riko Herianto.

Editor: Redaksi

Related Stories