Dikira Boros, Ternyata Ini Alasan Gen Z Sering Beli Barang-Barang Ini

Sering Dianggap Boros, Ternyata Ini Barang yang Sering Dibeli oleh Gen Z (Instagram Lisa Blackpink)

JAKARTA - Saat ini kelompok usia tertua dari Gen Z sudah memasuki usia pertengahan 20-an. Itu artinya, Gen Z mulai menunjukkan kekuatannya dalam hal ekonomi.

Seperti yang dilansir dari laporan Investopedia, daya beli mereka diperkirakan akan mencapai US$12 triliun pada tahun 2024 dan dengan Gen Z yang kini mencakup seperempat populasi global, kebiasaan belanja mereka diprediksi akan terus membentuk pasar selama beberapa dekade ke depan.

Gen Z memang sering dianggap lebih boros. Nyatanya, hal itu memang terjadi. Seperti laporan Investopedia, pengeluaran Gen Z tumbuh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Kebiasaan Belanja Gen Z

Tidak seperti milenial atau generasi sebelumnya, Gen Z adalah generasi pertama yang betul-betul digitally native. Hal itulah yang memengaruhi cara mereka dalam mengakses informasi di seluruh dunia.

Mereka menghargai keaslian, tapi juga sempat mengalami isolasi sosial karena lebih banyak berinteraksi secara virtual daripada langsung.

Selain itu, Gen Z juga peduli terhadap isu iklim sehingga sangat memengaruhi pola belanja mereka.

Karena digital naive, Gen Z memang cenderung belanja online. Namun secara proporsional, mereka justru lebih banyak menghabiskan uang untuk belanja langsung di toko fisik daripada generasi sebelumnya.

Apa Saja Barang yang Dibeli Gen Z

Gen Z sangat peduli kualitas. Mereka lebih memilih produk berkualitas tinggi daripada produk yang sedang diskon atau sekadar lebih murah.

Tidak hanya itu, Gen Z kurang loyal terhadap merek dan kurang peduli pada asal usul suatu produk. Hal ini bisa berarti meeningkatnya minat mereka terhadap produk yang lebih eksklusif daripada merek yang sudah dikenal luas.

Meski usia anggota tertua Gen Z kini sudah mendekati usia ketika orang menikah, membeli rumah, dan memiliki anak, mereka tetap kurang fokus pada pencapaian hidup tradisional yang dianut generasi sebelumnya.

Gen Z justru memilih fokus dalam pencapaian di perjalanan dan traveling, baik domestik maupun internasional.

Dalam sepuluh tahun ke depan, kategori kesehatan diprediksi akan mengalami pertumbuhan permintaan tertinggi di kalangan konsumen Gen Z.

Barang-barang soal kesehatan di sini mencakup produk yang sadar nutrisi, ramah lingkungan, atau mengandung bahan alami. Misalnya, dalam produk kecantikan, Gen Z cenderung mencari yang bersih, cruelty-free, dan beraroma alami. Untuk makanan, mereka lebih memilih yang bebas bahan buatan, tinggi protein, dan rendah gula.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 02 Jul 2025  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories