Dinas Pertanian Targetkan Padang Bebas Rabies 2030

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, saat Diseminasi bersama Diskominfo, Rabu (6/10/2021). (Dok. Infopublik.id)

Dinas Pertanian (Distan) Kota Padang, Sumatra Barat menggencarkan vaksinasi rabies bagi tiga jenis hewan peliharaan yakni kucing, anjing dan kera di Kota Padang.

"Vaksinasi rabies ini guna mewujudkan Kota Padang bebas rabies pada 2030," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, Rabu (6/10/2021).

Syahrial menjelaskan, Dinas Pertanian menargetkan sebanyak 2.500 hewan di Kota Padang sudah mendapat vaksinasi rabies pada 2021 ini.

“Alhamdulillah, dari 2.500 hewan yang kita targetkan itu, sekitar 60 persennya sudah divaksinasi,” ujar Syahrial Kamat, dikutip dari laman Infopublik.id, Kamis (7/10/2021).

Ia melanjutkan, hingga akhir Oktober ini, Dinas Pertanian fokus melaksanakan kegiatan vaksinasi di GOR H. Agus Salim. Vaksinasi tersebut akan dilakukan setiap minggunya.

“Minggu kemarin sudah kita mulai di GOR H Agus Salim. Kita menyiapkan sebanyak 520 vaksin dan terserap sebanyak 300 vaksin,” jelas Syahrial.

Selanjutnya, pada Jumat (8/10/2021) besok, Dinas Pertanian akan melaksanakan vaksinasi rabies di Perumahan Belimbing, Kecamatan Kuranji. Kegiatan vaksinasi ini akan digelar serentak secara nasional melalui daring.

Oleh karena itu, Syahrial mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, terutama kucing, anjing dan kera supaya bisa memvaksin hewannya.

”Vaksin rabies ini sebagai antisipasi kita untuk mencegah penyakit rabies. Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini Kota Padang bisa bebas rabies pada 2030 mendatang,” harap Syahrial.

(MC Padang)

Editor: Sutan Marajo
Tags vaksinasi rabiesBagikan

Related Stories