Dukung Keberlanjutan, Surveyor Indonesia Perkenalkan Dukungan ESG Komprehensif dan Menyeluruh

Komitmen Dukung Keberlanjutan, Surveyor Indonesia Tawarkan Layanan ESG Komprehensif (esg)

JAKARTA - Lanskap bisnis global saat ini tampaknya sedang mengalami pergeseran mendasar dengan meningkatnya kesadaran terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) diantara banyak perusahaan. 

Kerangka kerja ESG ini ternyata memiliki peran kunci dalam membantu perusahaan memahami cara organisasi mengelola risiko dan peluang terkait dengan lingkungan, aspek sosial, serta tata kelola perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan nilai jangka panjang perusahaan.

Seperti yang dilansir dari kabarbumn.com,  Kamis, 16 November 2023, menyikapi permintaan layanan ESG yang semakin meningkat di pasar, Surveyor Indonesia telah memperkenalkan dukungan ESG komprehensif dan menyeluruh. Layanan ini meliputi konsultasi untuk merumuskan rencana ESG, pelatihan, bantuan dalam penilaian ESG, dan penyusunan strategi untuk pengungkapan ESG dalam Sustainability Report.

Banyak entitas, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta di berbagai sektor industri, telah mempercayakan kebutuhan layanan ESG mereka kepada Surveyor Indonesia. Di antaranya adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pertamina Group, PT Kereta Api Indonesia, PT ABM Investama Tbk, PT Cipta Krida Bahari, dan PT Djarum.

Selain itu, Surveyor Indonesia juga menawarkan solusi traceability, serta jaminan terkait catatan deforestasi dan conversion free notes. Melalui layanan traceability ini, perusahaan dapat dengan mudah melacak rantai produksi mulai dari proses perjalanan, dan proses produksi dari suatu komoditas. Fungsinya tak hanya memastikan keamanan dan kualitas produk, tetapi juga meningkatkan transparansi dalam rantai pasokan. 

Lebih dari itu, layanan ini mendukung inisiatif keberlanjutan dengan memberikan informasi yang mendalam mengenai produk, memberi pelanggan kesempatan untuk membuat pilihan yang lebih sadar akan dampak lingkungan, sekaligus merangsang pertumbuhan rantai pasok yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Penerapan prinsip ESG memberikan manfaat langsung bagi perusahaan dengan memfasilitasi akses lebih mudah ke pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih rendah, memperkuat loyalitas karyawan, dan meningkatkan citra serta reputasi perusahaan di mata publik. Hal ini penting karena juga dapat mempengaruhi penilaian nilai perusahaan, terutama bagi perusahaan yang telah melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO).

Dengan tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan ESG secara holistik, Surveyor Indonesia membuka jalan bagi perusahaan untuk merangkul praktik bisnis yang berkelanjutan, menghadapi tantangan di masa depan, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, serta tata kelola perusahaan secara keseluruhan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 16 Nov 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 23 Nov 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories