Eksplorasi Pulau Bintan: Rekomendasi Destinasi Wisata yang Jarang Terekspos

Jarang Terekspos, Ini Dia Rekomendasi Destinasi Wisata di Pulau Bintan (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

JAKARTA -  Pulau Bintan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau adalah salah satu destinasi wisata dalam negeri yang patut Anda kunjungi. Bintan memiliki pemandangan pesisir pantai yang menakjubkan serta terdapat berbagai potensi wisata di bidang bahari, budaya, sejarah, edukasi, dan religi.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Bintan, Anda bisa menelusuri beberapa rekomendasi destinasi wisata seperti berikut ini.

Rekomendasi Lokasi Wisata di Pulau Bintan

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat bertempat tidak jauh dari Pulau Bintan dan bisa diakses menggunakan kapal feri. Di Pulau Penyengat terdapat situs wisata religi yang terkenal, yaitu Masjid Raya Sultan Riau. 

Selain itu Pulau Penyengat juga memiliki destinasi wisata sejarah lain, seperti Gedung Mesiu, Kompleks Makam Raja Abdurrahman, Kompleks Makam Raja Ali Haji, dan Istana Kantor. 

2. Vihara 1.000 Wajah

Suasana negeri tirai bambu akan terasa saat Anda berkunjung ke Vihara 1.000 wajah di Pulau Bintan. Kompleks yang bernama asli Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tersebut memiliki ratusan patung dengan berbagai ukuran dan ekspresi wajah yang berbeda. 

Konon, ekspresi yang ditunjukkan tersebut merupakan ekspresi Buddha ketika dalam wujud manusia. Patung-patung yang ada di vihara terbuat dari batu granit, dan dibuat oleh seniman asli Tiongkok. Selain patung-patung seribu wajah, daya tarik lain dari vihara ini adalah patung Buddha setinggi lima meter yang terdapat di depan vihara.

3. Danau Biru Kawal

Pulau Bintan memiliki danau cantik yang bernama Danau Biru Kawal. Danau ini dulunya merupakan bekas area tambang yang terisi air dan sekarang disulap menjadi destinasi wisata. 

Danau Biru Kawal memiliki gundukan batu berwarna putih yang berpadu dengan air jernih menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bintan.

4. Pantai Senggiling

Jika ingin menikmati pantai yang tergolong masih sepi, Anda bisa mencoba singgah ke Pantai Senggiling. Pantai berpasir putih ini memiliki lingkungan yang masih sangat asri, karena jarang terjamah manusia. Selain pasir putih, di sepanjang Pantai Senggiling juga terdapat jajaran batu karang yang seakan membingkai pantai.

Itu tadi beberapa rekomendasi destinasi wisata di Pulau Bintan Kepulauan Riau yang harus Anda kunjungi.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 16 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories