ESG Award: Terapkan Seluruh Aspek, Pertamina Dapat Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022

Komisaris Tren Media Berjejaring (TrenAsia) Andi Reza Rohadian memberikan plakat penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk PT Pertamina (Persero) dengan predikat Action di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta, Rabu malam, 19 Oktober 2022. (TrenAsia/Panji Asmoro)

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang meraih penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022. Perusahaan pelat merah ini mendapatkan predikat “Action” dalam ajang tersebut.

VP Investor Relation Pertamina, Juferson Victor Mangempis mengatakan pihaknya senantiasa mengupayakan aspek keberlanjutan dalam menjalankan bisnis perseroan. Bagi dia, tidak hanya aspek lingkungan (environment) saja yang menjadi fokus Pertamina dalam mengimplementasikan konsep ESG.

“Perlu dicermati bahwa dalam aspek ESG tidak hanya bicara soal environment saja, tapi ada aspek social dan governance juga di dalamnya. Dan kami selalu mengkonstruksikan aspek-aspek di atas,” ujarnya kepada Drean Muhyil Ihsan, Content Manager TrenAsia di The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

Juferson menerangkan bagaimana Pertamina patuh pada sisi tata kelola perusahaan. Hal itu terlihat pada kebijakan perseroan yang mewajibkan minimal level assistant manager untuk melaporkan harta kekayaannya pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Bayangkan bagaimana level assistant manager diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaannya ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari sebelumnya pada tingkat manager. Perusahaan di negara mana yang melakukan hal ini?” tutur dia.

Selain itu, Pertamina turut berkomitmen membuka ruang bagi para kaum difabel untuk bergabung dengan perseroan. Hal ini membuktikan bahwa perseroan turut fokus pada aspek sosial dan mendukung keberagaman (diversity).

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, Sukirno menyebut, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, tiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” imbuhnya. 

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 sekaligus CEO Schroders Indonesia Michael T. Tjoajadi menambahkan, pada tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. 

Menurutnya, perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

“TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi wadah untuk merekam progress implementasi ESG oleh perusahaan di Tanah Air setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus media TrenAsia memiliki concern dengan ESG,” tambah Michael.

Sebagai informasi, TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Drean Muhyil Ihsan pada 20 Oct 2022
Bagikan

Related Stories