Film Pendek Indonesia Basri & Salma Bakal Tayang di Cannes 2023

Adegan di film pendek Basri & Salma. (Istimewa)

Film pendek Indonesia, Basri & Salma in a Never-Ending Comedy, bakal ditayangkan di Cannes Film Festival yang digelar 16-27 Mei 2023. Capaian tersebut membuat Basri & Salma menjadi film pendek Indonesia pertama yang menembus Cannes. 

Kabar menggembirakan itu disampaikan Produser Basri & Salma, John Badalu, melalui cuitan di Twitter-nya, Rabu 26 April 2023. “Membagikan berita gembira kalau film pendek kami akan berkompetisi di @Festival_Cannes. #BasriSalmaComedyMovie adalah film pendek Indonesia pertama yang masuk seleksi di official @Festival_Cannes,” tutur John.

Dalam festival film tersohor dunia itu, Basri & Salma akan bersaing dalam kategori The Short Film Palme d'Or. Film itu bakal berkompetisi dengan dengan 10 film pendek dari berbagai negara seperti Tits (Norwegia), 27 (Prancis dan Hungaria), La Perra (Kolombia dan Prancis), As It Was (Polandia dan Ukraina), serta Le Sexe de Ma Mere (Prancis).

Ada pula Poof (Amerika Serikat), Aunque es de Novhe (Spanyol dan Prancis), Nada de Todo Esto (Argentina dan Spanyol), Wild Summon (Inggris), dan Far (Islandia). Sebelas film itu telah disaring dari 4.288 film dari penjuru yang mengikuti proses seleksi.

Menurut John Badalu, capaian film Basri & Salma diraih melalui proses panjang. Film yang dibesut Khozy Rizal itu berjalan setelah mendapat suntikan dana post-production dari Singapore International Film Festival. Setelah rangkaian produksi selesai akhir 2022, mereka pun mendaftarkan Basri & Salma ke sejumlah festival film, salah satunya Cannes.

Saat ini pihaknya masih mencari dana tambahan untuk akomodasi tim menuju Cannes. Lantaran keterbatasan dana, John Badalu mengaku belum dapat memastikan siapa perwakilan Basri & Salma yang akan hadir di festival tersebut. John menyebut kebutuhan di Cannes memerlukan biaya yang tak sedikit. “Salah satu festival paling mahal,” ujarnya dalam jumpa pers yang digelar virtual, Kamis 27 April 2023. 

Pihaknya mengaku sudah mengirimkan proposal permohonan bantuan ke sejumlah lembaga. Namun hingga kini belum ada yang resmi memberikan dukungan. Sebagai informasi, Basri & Salma in a Never-Ending Comedy berkisah tentang pasangan suami istri bernama Basri (Arham Rizky Saputra) dan Salma (Rezky Chiki) yang bekerja sebagai penjaja odong-odong.

Pasangan itu belum dikaruniai anak meski sudah menikah lima tahun. Kondisi itu membuat mereka dalam tekanan keluarga besar. Hal itu kemudian membuat Basri dan Salma mengungkap rahasia di balik alasan mereka belum memiliki anak hingga sekarang. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories