Generasi Z dan Milenial Justru Paling Minat dengan Pekerjaan Akuntan

Akuntan Profesional jadi Pilihan Karier Menjanjikan di Sektor Keuangan Bagi Gen Z dan Milenial (Corporate Finance Institute)

JAKARTA - Sebuah survei yang dilakukan The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) mengungkapkan temuan menarik mengenai tren pilihan karier generasi muda Indonesia. Survei tersebut dilaksanakan pada kuartal ketiga tahun 2023 ini melibatkan 248 responden dari kalangan Generasi Z, terutama mahasiswa tingkat akhir dengan konsentrasi studi akuntansi dan para fresh graduate.

Hasil survei menunjukkan bahwa 34,9% responden memilih karier sebagai akuntan profesional karena kesesuaian jurusan pendidikan dengan sektor keuangan atau akuntansi. Pemahaman akan relevansi dan keterkaitan langsung antara pendidikan yang mereka terima dengan dunia pekerjaan menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan karier mereka.

Selain itu, 22,9% responden menilai prospek karier yang baik dan jelas sebagai faktor krusial dalam memilih karier di bidang akuntansi. Mereka melihat profesi di sektor keuangan atau akuntansi sebagai peluang yang menarik dan menjanjikan, menggambarkan persepsi positif terhadap potensi perkembangan karier di dalamnya.

Sektor yang dinilai memiliki potensi besar untuk membangun karier masa depan paling diminati oleh Generasi Z dan milenial adalah sektor akuntansi profesional, mendominasi dengan persentase sebesar 32,3%. 

Disusul oleh lembaga perbankan swasta di posisi kedua, hal ini menunjukkan pergeseran minat generasi muda dari sektor-sektor tradisional ke sektor yang dinilai lebih dinamis dan menawarkan peluang pengembangan karier yang lebih besar.

Alasan utama yang menjadikan profesi akuntan profesional sebagai pilihan utama adalah adanya prospek pengembangan karier dan pengalaman yang pasti. Responden percaya bahwa melibatkan diri dalam dunia akuntansi tidak hanya memberikan stabilitas dalam karier, tetapi juga membuka pintu menuju pengalaman yang mendalam dan beragam.

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa “Big 4” (Deloitte, PricewaterhouseCoopers (PWC), Ernst & Young (EY), dan KPMG) adalah firma akuntansi yang paling dikenal oleh responden.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 02 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 03 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories