Google Drive Tak Lagi Gratis, Ini Cara Mengelola Penyimpanan Chat WA

WhatsApp Akan Akhiri Fitur Penyimpanan Gratis di Google Drive pada 2024, Ini Cara Mengatasinya (Ist)

JAKARTA - Aplikasi perpesanan instan milik Meta, WhatsApp mengakhiri penyimpanan gratis di Google Drive yang ditawarkan untuk pengguna Android untuk menyimpan riwayat obrolan mereka, termasuk file gambar dan video.

Adanya perubahan baru ini berarti bahwa data WhatsApp yang disimpan di Google Drive akan segera diperhitungkan dalam batas penyimpanan 15 GB atau pengguna harus mendaftar langganan Google One.

Seperti yang dilansir dari Live Mint pada Rabu, 3 Januari 2024, WhatsApp mengatakan bahwa perubahan baru akan mulai diterapkan ke semua pengguna pada tahun 2024, dan perusahaan juga akan mulai memberitahu pengguna 30 hari sebelumnya melalui banner di WhatsApp Settings > Chats > Chat Backup.

Versi aplikasi WhatsApp Beta juga sudah mulai menampilkan pesan bertuliskan,” Backups will start using your Google storage in the next few months” atau yang berarti backup akan mulai menggunakan Google storage atau pencadangan Google mulai beberapa bulan yang akan datang.

Cara Mengelola Penyimpanan File di WhatsApp Tanpa Berlangganan Google One

Meski pilihan yang jelas bagi pengguna WhatsApp yang melebihi batas penyimpanan 15 GB adalah dengan berlangganan Google One, perusahaan masih menawarkan pelanggannya kemampuan untuk mentransfer file ini antar perangkat Android.

Misalnya, bagi Anda yang tidak berminat untuk menyimpan chat WhatsApp di akun google, Anda cukup menggunakan fitur transfer chat WhatsApp saat berpindah ke Android baru.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa perubahan ini hanya akan memengaruhi pengguna Android saja karena WhatsApp tidak menawarkan penyimpanan gratis di iOS. Tidak hanya itu, Apple hanya menawarkan penyimpanan gratis sebesar 5GB kepada pengguna yang tidak membayar dibandingkan dengan 15GB yang ditawarkan oleh Google.

Itu tadi penjelasan mengenai kebijakan WhatsApp yang akan mengakhiri fitur penyimpanan gratis di Google Drive pada 2024 sekaligus cara mengelola file Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 03 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories