Google Hentikan Dukungan untuk Android Lollipop Setelah Satu Dekade

Google Resmi Akhiri Dukungan untuk OS Android Lollipop, Setelah Berjalan Selama Satu Dekade (Freepik)

JAKARTA - Banyak orang atau bahkan salah satunya Anda mengingat peluncuran OS Android Lollipop (versi 5.0) pada November 2014. Berkat peluncuran Android Lollipop, pengguna memperoleh banyak fitur baru yang luar biasa dan dengan cepat menjadi favorit banyak pengguna Android.

Akan tetapi, setelah sepuluh tahun berjalan, Google telah mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan dukungan resmi untuk OS Lollipop ini.

Seperti yang dilansir dari Gizchina, keputusan ini tampaknya mencerminkan kondisi dunia teknologi yang selalu berubah. Sekarang juga hanya kurang dari 1% perangkat Android aktif yang masih menggunakan Lollipop, sehingga tampaknya membuat Google tidak akan lagi menyediakan pembaruan untuk layanan Google Play di perangkat yang masih menggunakan OS tersebut.

Meski begitu, perlu dipahami bahwa ada perbedaan antara pembaruan layanan Google Play dan pembaruan keamanan. Pembaruan Play Services menghadirkan fitur baru, tambahan keamanan di dalam Play Store dan kompatibilitas dengan aplikasi terbaru. 

Tanpa adanya pembaruan tersebut, maka perangkat dengan OS Lollipop mungkin akan kesulitan menjalankan beberapa aplikasi baru di masa mendatang. Pembaruan keamanan untuk Lollipop bahkan sudah dihentikan sejak Maret 2018.

Sementara perangkat dengan OS Lollipop Anda mungkin masih tetap bisa berfungsi, sebetulnya aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Kurangnya dukungan untuk mendapatkan pembaruan keamanan adalah salah satu hal yang patut Anda perhatikan. Hal itu karena pembaruan ini penting untuk melindungi informasi Anda dan memperbaiki titik lemah apapun.

Selain itu, masalah kompatibilitas juga dapat membatasi aplikasi apa saja yang dapat Anda gunakan. Seperti yang Anda ketahui, banyak aplikasi terutama aplikasi perbankan dan media sosial semakin membutuhkan Android versi yang lebih baru, dan seringkali sekarang butuh Android 10 atau yang lebih tinggi.

Lalu, apa artinya menggunakan perangkat dengan OS Lollipop? Mungkin banyak orang yang masih memiliki keterikatan sentimentil pada perangkat tersebut, mengingat perangkat dengan OS Lollipop memegang tempat khusus dalam sejarah Android.

Namun, dari sudut pandang praktis, kurangnya pembaruan menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan dan seberapa baik kinerja perangkat Anda.

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu melakukan upgrade ponsel ke versi Android yang lebih baru, untuk memastikan pengalaman Anda menggunakan ponsel jadi tetap aman dan lancar. 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 15 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories