Guna Penuhi Kebutuhan Ramadan, Indonesia Impor Kurma Lebih Setengah Triliun

Buah kurma yang disukai warga Indonesia.

JAKARTA, Kabarminang.com - Saat ini Impor beberapa barang konsumsi untuk kebutuhan puasa dan lebaran 1442 H terlihat mulai melonjak, salah satunya impor buah kurma. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, impor buah kurma sudah mengalami peningkatan dari awal tahun hingga Maret 2021.

Nilai impor kurma yang dilakukan Indonesia selalu meningkat dari USD10,3 juta di Januari, lalu USD14,9 juta di Februari, dan USD17,1 juta pada Maret. Dengan begitu, total nilainya USD42,3 juta atau setara Rp592,2 miliar pada kuartal I-2021.

Secara keseluruhan, impor Indonesia juga mengalami kenaikan 26,55 persen dibandingkan Februari 2021 menjadi sebesar USD16,79 miliar. Sedangkan dibandingkan periode sama tahun lalu, impor Indonesia juga masih tumbuh mencapai 25,73 persen, seperti dikutip dari Kabarsiger.com, media berjejaring Kabarminang.id.

Indonesia memang sudah gencar mendatangkan kurma dari sejumlah negara sejak Januari lalu, utamanya dari kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah. BPS mencatat ada 3 negara pengimpor kurma ke Indonesia yakni Mesir, Tunisia, dan Arab Saudi.

Jika dilihat geliat dari pengusaha maupun masyarakat untuk menyambut lebaran ini cukup bagus. Permintaan barang di luar menyebabkan industri bergerak. Kenaikan impor terjadi sebagian untuk antisipasi konsumsi lebaran.

Khasiat Buah Kurma

Buah Kurma disebutkan dalam sebuah ayat Alquran Surah Maryam Ayat 25-26. “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini,” terjemahnya.

Saat Ramadan identik dengan buah kurma yang menjadi khas hidangan berbuka puasa. Bagi seorang muslim, selain sunnah mengonsumsi kurma untuk berbuka, kurma juga memiliki banyak kandungan nilai gizi. Antara lain yaitu kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi, magnesium, dan potassium.

Selain mengandung nilai gizi yang cukup lengkap, ternyata buah kurma juga memiliki banyak khasiat. Dilansir dari klikdokter.com buah kurma yang dikonsumsi rutin tiap hari memiliki khasiat sebagai berikut :

1. Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori. Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan. Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasidan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Mencegah penyakit kronis. Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, sepertipenyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer.Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

4. Membantu melancarkan proses persalinan normal. Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Karena bila makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal.

Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, itu bisa juga mengurangi waktu persalinan.

5. Menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat. Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan. Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

6. Jadi menu tambahan dalam diet. Kurma dapat dimakan langsung ataupun dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit. Tapi, karena kalorinya cukup tinggi, tak perlu menambahkan terlalu banyak.

7. Mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu membantu elektrolit yang hilang, kurma pun bisa! Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

8. Melindungi tubuh dari peradangan. Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

9. Meningkatkan kesuburan. Tak cuma bisa melancarkan persalinan normal, manfaat kurma yang pasti bakal disukai pasangan suami istri adalah bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Itu semua berkat kandungan asam amino dan sengnya.

Di Timur Tengah, serbuk sari kurma (date palm pollen) dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama pada pria. Biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

10. Mencegah anemia. Manfaat kurma yang terakhir adalah buah nabi ini bisa membuat badan tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma tiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah. (*)

 


Related Stories