Hari Kopi Sedunia, Berikut Segudang Manfaat Kopi

Ilustrasi (Pixabay.com)

Hari ini, tepatnya tanggal 1 Oktober 2021 merupakan Hari Kopi Sedunia atau Hari Kopi Internasional.

Melansir dari laman Hindustan Times, Hari Kopi Sedunia pertama kali diprakarsai di Jepang dan secara resmi dinyatakan sebagai Hari Kopi Sedunia pada tahun 2015. Pada hari ini, juga digunakan sebagai ajang mempromosikan perdagangan kopi di seluruh dunia dan menghargai usaha para petani atas upaya yang mereka lakukan untuk memproduksi biji kopi.

Kopi kini menjadi minuman yang sering dikonsumsi mayoritas orang, bahkan setiap hari. Banyak minuman kopi yang tersedia, mulai dari yang dicampur dengan susu, krim, dan gula. Terlepas dari hal itu, ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan lewat mengonsumsi kopi. Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, seperti yang telah dirangkum dari laman Healthline.

Siap-Siap, 8 Perusahaan Properti Bakal Ditendang dari Bursa, ada Plaza Indonesia Realty Milik Mertua Syahrini
Bye-Bye! Disetujui RUPSLB, Bentoel Resmi Cabut dari Bursa Efek Indonesia

Namarin Institute: Efisiensi Sektor Logistik Percepat Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

1. Meningkatkan Energi
Kopi dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, yaitu zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kafein memblokir neurotransmitter penghambat di otak yang dapat menyebabkan efek stimulan yang dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Membantu Membakar Lemak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Tak hanya itu, kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah, di mana diabetes merupakan suatu kondisi serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia
Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui. Namun, peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit Alzheimer, yang merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia.

5. Melindungi Organ Hati
Organ hati memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Diketahui, kopi dapat melindungi tubuh dari terkena sirosis. 

(Justina Nur Landhiani/trenasia.com)

Editor: Sutan Marajo
Tags manfaat kopi Bagikan

Related Stories