Hati-hati! Ini Langkah-langkah Menghapus Spyware dari iPhone Anda

Cara Menghapus Spyware dari iPhone Anda (Apple)

JAKARTA - Anda mungkin tahu cara mengetahui apakah komputer Anda telah diretas dan bahkan jika seseorang memata-matai iPhone Anda. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bermasalah dan ancaman lainnya, seperti spyware dari ponsel Anda?

Hal ini penting untuk dilakukan, karena spyware dan stalkerware adalah aplikasi dan perangkat lunak yang benar-benar memata-matai aktivitas Anda. Dari mulai mencuri password dan informasi perbankan hingga melacak lokasi Anda, alat berbahaya tersebut dapat menguntit untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara meningkatkan keamanan online dengan menghilangkan perangkat penguntit dan spyware di iPhone hanya dalam hitungan menit saja.

Cara Menghapus Spyware di iPhone

Anda memiliki beberapa pilihan untuk menghilangkan spyware di iPhone, berikut penjelasannya.

1. Scan iPhone untuk Mencari Spyware

Cukup unduh aplikasi anti-spyware, lalu tap opsi scan dan hacker akan dihilangkan dari ponsel Anda. Beberapa aplikasi terbaik untuk mendeteksi dan menghilangkan spyware di iPhone adalah Avast Security & Privacy, Bitdefender Mobile Security dan Norton 360: Mobile Security. 

2. Perbarui Aplikasi dan iOS

Cara paling sederhana untuk menghapus spyware dari iPhone adalah dengan melakukan pembaruan perangkat lunak. Jika Anda tidak memperbarui perangkat lunak secara rutin, ponsel Anda akan rentan.

Memperbarui aplikasi Anda juga penting. Peretas dapat memanfaatkan kelemahan keamanan di aplikasi versi lama untuk memperoleh akses ke ponsel Anda.

3. Uninstal Aplikasi

Lihatlah semua aplikasi di ponsel Anda. Apakah Anda tidak ingat mengunduh suatu aplikasi tertentu? Jika iya, hapuslah aplikasi tersebut. Aplikasi itu bisa saja ditambahkan jika Anda mengklik link yang menyesatkan. 

4. Periksa Semua Perangkat yang Terhubung ke iCloud

Bagi pengguna iPhone, penting untuk tetap menyadari seberapa terhubung perangkat Anda dengan orang lain saat mempertimbangkan akun shared iCloud. Hal itu membuat arsip cadangan Anda dapat diakses oleh penjahat dunia maya.

Jika kredensial iCloud Anda diambil, maka salinan cadangan file, foto, dan pesan penting dapat tersedia untuk pihak ketiga. Oleh karena itu, penting untuk melindungi username dan password Anda dan melindunginya lebih lanjut dengan mengaktifkan opsi multi-factor authentication (MFA).

5. Factory Reset

Ini adalah taktik pilihan terakhir yang hanya boleh digunakan jika tidak ada metode yang berhasil. Metode ini akan menghapus seluruh data dari ponsel Anda termasuk spyware apapun.

Metode ini juga akan menghapus data pribadi Anda, jadi pastikan Anda mencadangkan semua kontak, foto, video, dan sebagainya yang ingin Anda simpan. Untuk melakukan factory reset pada perangkat iOS Anda, colokkan ponsel Anda ke komputer yang menjalankan iTunes, lalu setel ulang dari sana menggunakan opsi Restore iPhone.

Itu tadi cara menghilangkan spyware dari iPhone Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories