Hati-hati Ya! Ada Penipuan BRI Berkedok Perubahan Pelayanan

Logo Bank BRI, di Jakarta. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Penipuan kembali mengincar nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kali ini, modusnya adalah perubahan pelayanan. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku penipuan menghubungi nasabah via WhatsApp.

Dalam pesan tersebut, mereka memberikan selebaran digital berisikan edaran bahwa Bank BRI akan mengubah tarif administrasi menjadi Rp150.000 per bulannya.

Nasabah perlu membalas untuk mengkonfirmasi tidak setuju. Jika nasabah tidak setuju, nasabah diberikan link phishing untuk diisi yang tersambung pada mobile-banking.

Jika Anda memasukkan username dan password pada halaman tersebut, ada kemungkinan uang Anda akan hilang.

Perlu diwaspadai, hal yang membuat penipuan ini tampak meyakinkan adalah pelaku menggunakan WhatsApp bisnis untuk melancarkan aksinya.

TrenAsia.com mengkonfirmasi perihal ini melalui Call Center BRI. Salah satu petugas bernama Kristo meyakinkan bahwa hal ini dipastikan merupakan kabar bohong atau hoax.

"Tidak ada pergantian administrasi layanan, kami pastikan berita tersebut hoaks," ujar Cristo melalui sambungan telepon.

Ia menambahkan bahwa jika nasabah BRI menerima pesan tersebut sebaiknya dihiraukan dan tak mempercayainya.

Ia juga menyarankan agar jangan pernah memberi atu menulis pasword dan user brimo pada akun yang tertera.

"Untuk keamanan, kami saranan jangan  pernah mengetik  atau menyimpan pasword secara otomatis," tambahnya. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories