iPhone Anda Terkena Black Screen atau Layar Hitam? Ini Penyebabnya

5 Penyebab Masalah Black Screen dan Hang pada iPhone (Apple)

JAKARTA - Sejak iPhone 15 dirilis pada 22 September lalu, tampaknya muncul berbagai masalah yang dialami oleh para penggunanya. Masalah yang muncul antara lain panas berlebih atau overheat, kinerja baterai yang buruk, dan panel belakang sensitif yang tampaknya bisa pecah hanya dengan tekanan paling ringan.

Tidak hanya itu, bisa jadi muncul masalah black screen pada layar iPhone yang menyebabkan perangkat tidak bisa digunakan dengan baik.

Sebelum Anda terburu-buru mengatasinya, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebabnya munculnya masalah tersebut terlebih dahulu.

Penyebab Layar Hitam atau Black Screen pada iPhone

1. Versi Beta iOS yang Masih Tidak Stabil

Salah satu pemicu umum adanya masalah black screen atau layar hitam pada iPhone adalah penggunaan iOS versi beta. Versi beta masih dalam tahap pengujian sehingga mungkin saja masih terdapat bug dan masalah stabilitas.

Fitur yang ada mungkin juga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat menyebabkan error atau masalah lain yang tidak terduga. Bahkan, Apple secara eksplisit telah memperingatkan pengguna tentang adanya potensi kesalahan atau ketidakakuratan dalam software beta.

2. Kerusakan Perangkat Lunak atau Software

Kesalahan atau malfungsi pada perangkat lunak iPhone dapat menyebabkan black screen. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti aplikasi yang sudah tidak kompatibel, file sistem rusak, atau adanya ketidakcocokan antar komponen software yang berbeda.

3. Masalah pada Hardware

Meski kurang umum terjadi, masalah pada hardware dapat menimbulkan masalah black screen. Masalah dengan tampilan, baterai, atau bahkan komponen internal dapat menyebabkan kegagalan fungsi yang akhirnya dapat menyebabkan black screen.

4. Jailbreak

Jailbreak atau proses menghilangkan batasan software yang diberlakukan oleh Apple dapat membuka opsi penyesuaian tetapi juga menimbulkan potensi risiko. iPhone yang sudah di-jailbreak lebih rentan terhadap ketidakstabilan software dan masalah kompatibilitas yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya black screen.

5. Overheat

iPhone 15 Pro dan Pro Max pada awalnya menghadapi keluhan soal masalah overheat yang seringkali dikaitkan dengan bug software di iOS 17. Namun, Apple mengklaim telah mengatasi masalah ini dengan adanya pembaruan berikutnya.

Seperti yang Anda ketahui, adanya panas berlebihan berpotensi menyebabkan berbagai masalah termasuk black screen dan perangkat Anda harus selalu diperbarui agar dapat memanfaatkan adanya perbaikan bug.

Itu tadi beberapa alasan yang menyebabkan iPhone mengalami black screen atau layar hitam.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories