Industri Kripto Tawarkan Berbagai macam Karier di Tahun 2024

5 Peluang Karier Menjanjikan di Industri Kripto Tahun 2024 (Ilustrasi TrenAsia/Muhammad Faiz Amali)

JAKARTA - Industri kripto saat ini sedang diprediksi mengalami pertumbuhan yang pesat baik dari sisi transaksi maupun pengguna serta transformasi mendalam dalam lanskap keuangan global pada 2024.

Chief Operating Officer Upbit Indonesia mengatakan bahwamemasuki tahun 2024, industri kripto menawarkan berbagai macam peluang profesi atau karier yang bisa dibilang baru dengan cakupan luas, mulai dari teknis hingga nonteknis.

Beberapa pekerjaan memerlukan keterampilan teknis serta pemahaman mendalam tentang blockchain, namun ada juga yang menekankan aspek lain seperti aspek keuangan, pemasaran, dan keamanan.

“Keberagaman profesi di industri kripto menawarkan peluang bagi individu dengan berbagai latar belakang untuk berkontribusi pada revolusi keuangan digital yang terus berkembang ini,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 16 Januari 2024.

Pekerjaan yang Menjanjikan di Dunia Kripto 2024

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang menjanjikan di dunia kripto pada tahun 2024 menurut Upbit Indonesia.

1. Blockchain Developer

Seiring dengan teknologi blockchain yang terus berkembang, profesi ini membutuhkan keterampilan teknis dan pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain untuk terus merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan aplikasi atau protokol yang berbasis blockchain.

2. Analis Data

Dengan jumlah data blockchain yang terus berkembang, terdapat peluang karir untuk menjadi analis data kripto. Kemampuan untuk menganalisis transaksi, tren pasar, dan perilaku pengguna dapat memberikan informasi berharga bagi perusahaan dan investor dalam membuat keputusan yang tepat.

3. Manajemen Risiko dan Kepatuhan

Seiring dengan peningkatan pengawasan terhadap industri kripto, terdapat kebutuhan yang lebih besar untuk profesional yang dapat mengelola risiko dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Perusahaan kripto membutuhkan ahli yang memahami kerangka kerja regulasi global dan juga dapat mengembangkan strategi kepatuhan yang efektif.

4. Manajer Komunitas dan Pemasaran

Dengan komunitas kripto yang terus berkembang, manajer komunitas dan pemasaran bekerja untuk membangun, memelihara, dan memperluas komunitas pengguna. Lingkup pekerjaannya meliputi pengelolaan media sosial, organisasi acara, dan kampanye pemasaran untuk meningkatkan visibilitas proyek atau perusahaan.

5. Konsultan Regulasi Kripto

Dengan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap regulasi kripto, konsultan regulasi kripto memberikan panduan kepada perusahaan dan proyek untuk memastikan kepatuhan dengan peraturan yang berkembang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 17 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 17 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories