Ini 5 Cara Mudah Atasi Ketagihan Minum Soda

5 Cara Mengatasi Ketagihan Minum Soda (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu sudah mengetahui bahwa minum soda dapat berdampak buruk untuk kesehatan Anda. Namun, mungkin bagi Anda yang sudah ketagihan minum soda terus menerus, tampaknya Anda kesulitan untuk mengatasinya. 

Jika Anda mengalami kesulitan tersebut, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips mengatasi kecanduan minum soda tersebut.

Cara Mengatasi Ketagihan Minum Soda Terus Menerus

1. Akui Anda Minum Terlalu Banyak

Secara medis, sebetulnya soda tidak membuat ketagihan. Namun, soda memiliki stimulan dengan aroma yang menyegarkan, yang membuat Anda menginginkan lebih banyak. 

Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatasi kecanduan minum soda adalah dengan mengakui bahwa Anda menginginkan terlalu banyak. 

2. Pahami Kandungan Minuman Bersoda

Untuk memahami sepenuhnya mengapa minuman soda itu buruk, Anda perlu menggunakan akal sehat Anda. Cobalah untuk berpikir, apa saja yang dikandung pada minuman soda yang Anda konsumsi.

Beberapa diet soda diberi pemanis buatan dengan bahan kimia yang 600 kali lebih manis dari gula. Tidak hanya itu, soda juga bisa diberi bahan tambahan seperti asam sitrat dan bahan pewarna karamel, bahan tambahan yang dibuat dengan mengolah gula dan anomia.

3. Sadari Bahwa Soda Lebih Mahal daripada Air Putih

Soda hanyalah air yang dicampur dengan berbagai bahan tambahan. Namun, karena pembuatan soda sangat mahal, tidak heran satu kaleng soda harganya melebihi harga satu botol air minum.

4. Kurangi Asupan Sedikit Demi Sedikit

Untuk melakukan cara ini, Anda tinggal mengurangi asupan soda secara perlahan sampai Anda bisa benar-benar berhenti. Memang, untuk cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, tapi hal ini dapat membantu Anda menghindari keinginan untuk minum lebih banyak.

5. Jangan Gunakan Soda Sebagai Hadiah

Pada umumnya, kita sering memberikan hadiah kepada diri kita sesuatu yang menyenangkan usai melakukan hal-hal yang menantang. Mulai sekarang, sebaiknya Anda tidak menggunakan soda sebagai hadiah tersebut. Hal ini karena kebiasaan tersebut justru meningkatkan respon dopamin yang tinggi terhadap minuman yang dapat memicu ketergantungan.

Itu tadi beberapa cara mengatasi kecanduan minum soda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 11 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Tags sodaMinumanGulaBagikan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories