Ini Cara Berhenti Layanan Premium di Google Play

(null)

Langganan aplikasi premiun seperti Sportify, Youtube atau aplikasi lain menjadi sumber pengeluaran bulanan. Meski jumlahnya tak seberapa, jika dikumpulkan, uang untuk langganan aplikasi ini di ponsel rupanya bisa bikin pengeluaran lengkap.

belum lagi jika aplikasi langganan tersebut langsung memperbaharui langganan secara otomatis setiap bulannya. Tanpa terasa, isi saldo di e-wallet atau tagihan karti kredit bisa habis atau membengkak.

Bagi Anda yang sudah terlanjur berlangganan secara otomatis, Anda bisa menghentikannya ketika merasa biaya yang dikeluarkan semakin banyak.

Sejumlah aplikasi menyediakan layanan berhenti langganan secara otomatis. Namun di aplikasi lainnya, untuk membatalkan langganan, pengguna harus melakukannya secara manual.

Sebagai informasi, ada dia cara yang bisa Anda lakukan untuk membatalkan langganan. Pertama melalui situs Google Play, dan kedua, dilakukan melalui play store.
Berhentikan Lewat Play Store

1. Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Anda, kemudian ketuk ikon profil di pojok kanan atas untuk masuk ke halaman pribadimu
Pada menu yang muncul, klik 'Payments and Subscriptions"

2. Ketuk sekali lagi pada 'Subscriptions' pada panel menu, kemudian pilih aplikasi atau jenis langganan yang dibatalkan.
Ketuk 'Cancel Subscriptions' sebagai perintah pembatalan langganan.

3. Ikuti beberapa tahap pembatalan yang muncul di layar. Anda mungkin diminta melakukan sejumlah verifikasi jika dibutuhkan.

4. Setelah tahapnya selesai, jangan lupa klik 'Yes' pada jendela verifikasi yang memastikan pilihan Anda. Setelahnya, Anda tidak akan lagi mendapatkan tagihan pembayaran untuk fitur premium atau jenis layanan yang sudah di-unsubscribe.

5. Untuk menerapkan cara membatalkan langganan Google Play, pastikan jaringan cukup stabil. Selanjutnya, cek kembali pada menu 'Payments and Subscriptions' untuk memastikan pembatalan Anda berhasil.

Berhenti Lewat Website Google Play

1. Buka browser internet Anda, disarankan  menggunakan Google Chrome dan kunjungi halaman https://play.google.com/

2. Login menggunakan akun Google sama dengan yang terhubung di Play Store milikmu
Ketuk bagian 'My Subscriptions' di panel sebelah kiri. Anda akan menemukan berbagai aplikasi yang membutuhkan akses berlangganan
Pilih aplikasi yang ingin di-unsubscribe kemudian ketuk tombol 'Manage'

3. Klik opsi 'Cancel Subscriptions', tekan 'Yes' untuk memberikan penegasan pada jendela konfirmasi yang muncul. (sijori.id)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories