Ini Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Bekerja dari Rumah

Ilustrasi bekerja dari rumah. Dok: Pexels

Adanya pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan yang memberikan kebijakan untuk bisa bekerja dari rumah atau yang kerap disebut sebagai work from home (WFH).

Saat bekerja dari rumah, tentu Anda tidak memiliki fasilitas seperti yang tersedia di kantor, seperti meja dan kursi. Kadang-kadang kita juga menggunakan kursi dan meja seadanya yang seringnya tidak sesuai dengan postur tubuh saat duduk yang baik.

Hal ini tentu membuat tubuh dan punggung jadi cepat lelah dan sakit.

Oleh karena itu, berikut tips cara mengatasi sakit punggung yang kerap dialami saat bekerja dari rumah.

Lakukan peregangan secara rutin

Jika Anda bekerja di balik meja, maka sebaiknya Anda sering melakukan peregangan pada punggung sesering mungkin. Anda juga bisa berdiri atau berjalan-jalan sebentar agar bisa menyegarkan pikiran dan menghindari sakit punggung.

Hindari merokok

Merokok dapat menurunkan aliran darah ke punggung. Hal ini dapat menyebabkan penuaan pada tulang menjadi lebih cepat. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko sakit punggung bagian bawah.

Jangan terlalu banyak berbaring

Berbaring atau rebahan tentu sering kita lakukan apalagi ketika di rumah. Namun, karena tubuh Anda diperlukan untuk bekerja, sebaiknya jangan terlalu sering rebahan terlalu lama.

Hal ini karena jika Anda berbaring atau rebahan terlalu lama, maka otot Anda akan kehilangan kekuatannya secara perlahan untuk menyokong punggung. Oleh karena itu, usakan untuk tetap beraktivitas secara aktif seperti biasa. (TrenAsia.com)


Related Stories