Ini Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Sering Error dan Tidak Ada Suara Saat Melakukan Telepon

Ilustrasi. WhatsApp Sering Error dan Tidak Ada Suara Saat Melakukan Panggilan (pixabay)

Aplikasi WhatsApp kini menjadi sebuah aplikasi perpesanan yang digunakan oleh hampir semua orang yang memiliki ponsel pintar. Hal ini karena WhatsApp sangat memudahkan penggunanya untuk mengirimkan pesan, baik pesan teks, gambar, bahkan melakukan panggilan suara atau video.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa masalah yang dialami oleh pengguna seperti telepon atau panggilan WhatsApp yang tidak ada suara. Hal ini tentu mengganggu dan membuat kebingungan banyak penggunanya.

Jika Anda mengalami hal serupa, Anda bisa simak beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

Atur Ulang pengaturan Jaringan

Jaringan internet sangat diperlukan agar WhatsApp Anda berfungsi dengan normal. namun, ada kalanya ponsel Anda gagal untuk terhubung ke jaringan internet atau sambungan internet terputus. Oleh karena itu, jika Anda sedang melakukan panggilan WhatsApp dan tiba-tiba tidak ada suara, periksa apakah Anda memiliki koneksi internet yang baik.

Jika tidak, Anda dapat mengatur ulang pengaturan jaringan untuk memperbaiki panggilan suara atau video WhatsApp tanpa masalah suara.  Untuk melakukannya, pilih menu ‘Setting’ di ponsel, pilih ‘System’, pilih ‘Advance’, pilih ‘Reset Options’, klik ‘Reset Network Settings’, kemudian pilih ’Reset Setting’.  Setelah mengatur ulang jaringan, cobalah lakukan panggilan WhatsApp lagi untuk mengetahui apakah masalah sudah teratasi. Jika tidak, cobalah metode selanjutnya.

Perbarui Aplikasi WhatsApp

Pembaruan aplikasi dapat memperbaiki masalah yang Anda alami seperti bug dan meningkatkan kinerja WhatsApp di ponsel Anda. Oleh karena itu, setiap aplikasi akan merilis versi yang lebih baru sesekali untuk memastikan bahwa aplikasi tetap berjalan pada kondisi yang sangat baik.

Matikan Bluetooth

Fitur bluetooth pada ponsel dapat membuat suara pada panggilan WhatsApp jadi tidak terdengar. Apalagi jika sebelumnya Anda menghubungkan ponsel dengan earphone nirkabel atau speaker bluetooth. Oleh karena itu, sebaiknya periksa fitur bluetooth tersebut lalu nonaktifkan sebentar untuk mengatasi masalah telepon WhatsApp yang tidak ada suara.

Rutin Membersihkan Cache

Cache yang penuh di ponsel akan membuat aplikasi jadi error dan ada masalah. Oleh karena itu, Anda perlu rutin membersihkan cache di ponsel. Menghapus cache dengan rutin juga tidak akan menghapus data apapun dari ponsel Anda. Untuk menghapus cache WhatsApp, bukalah menu ‘Settings’, lalu pilih ‘Apps and Notification’, lalu pilih ‘WhatsApp’, lalu klik ‘Storage Usage’, kemudian klik ‘Clear Cache’.

Setting Ulang Izin Akses Aplikasi

Metode lain yang dapat digunakan untuk mengatasi panggilan WhatsApp yang tidak ada suara adalah dengan memeriksa kembali izin atau permission untuk melakukan panggilan WhatsApp. Untuk melakukannya, bukalah menu ‘Settings’ di ponsel, kemudian buka ‘Apps and Notification’, klik ‘WhatsApp’. Kemudian, pilih ‘Permission’, lalu aktifkan izin ‘Camera and Microphone’. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai
Tags teknologiwhatsappBagikan

Related Stories