Ini Jajaran Komisaris dan Direksi Pertamina yang Diubah Erick Thohir

RUPS Pertamina Putuskan Adanya Pergantian Komisaris dan Direksi Baru (null)

PT Pertamina (Persero) melakukan perubahan susunan komisaris dan direksi. Hal tersebut diputuskan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

RUPS Pertamina menetapkan Rida Mulyana sebagai salah satu Komisaris Pertamina. Lalu ada Erry Widiastono yang menjabat sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur yang baru. Tak ketinggalan ada Atep Salyadi Dariah Saputra mengisi posisi Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU).

Selain itu, keputusan dalam RUPS memberhentikan Ego Syahrial dari jabatan Komisaris  Pertamina, lalu Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S. Poerwadi mengatakan,  sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, RUPS telah menetapkan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina. 

“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19,” ujar Brahmantya dalam keterangan resmi pada Senin,19 September 2022.

Untuk diketahui, Rida Mulyana, dikenal sebagai pimpinan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Saat ini, ia masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sementara, Erry Widiastono dikenal di lingkungan Pertamina Group, karena sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Sebelumnya, Erry juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero).

Adapun Atep Salyadi Dariah Saputra pernah menjabat beberapa posisi penting di perusahaan di antaranya Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia.

Dengan demikian, berikut daftar komisaris PT Pertamina (Persero) 

Dewan Komisaris
1. Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama
2. Wakil Komisaris Utama Pahala Nugraha Mansury
3. Komisaris Heru Pambudi
4. Komisaris Ego Syahrial
5. Komisaris Independen Alexander Lay
6. Komisaris Independen Ahmad Fikri Assegaf
7. Komisaris Independen Iggi H. Achsien

Dewan Direksi
1. Direktur Utama Nicke Widyawati
2. Direktur Penunjang Bisnis Dedi Sunardi
3. Direktur Keuangan Emma Sri Martini
4. Direktur Sumber Daya Manusia M. Erry Sugiharto
5. Direktur Logistik & Infrastruktur Mulyono

(TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories