Ini Sajian pada Hidangan Istimewa Tamu Pernikahan Kaesang - Erina

Minuman Tradisional ini, Disajikan pada Hidangan Istimewa Tamu Kaesang-Erina (ist)

Semakin mendekati hari pernikahan,  Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo dengan Erina Gudono Royal Ambarrukmo Yogyakarta terus melakukan persiapan, termasuk menyiapkan minuman tradisional.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengatakan hingga kini persiapan sekitar 85 persen. Satu di antara yang masih dalam pembahasan adalah menu makanan.

"Persiapannya ya sudah kelihatan kurang lebih 85 persen. Sekarang tinggal koordinasi dengan semua pihaknya untuk kelancaran acara. Untuk menu, hari ini saya masih meeting mudah-mudahan nanti sore atau besok pagi sudah di-ACC (disetujui)," katanya, Rabu (7/12).

Herman mengaku sudah menyodorkan beberapa menu. Kemungkinan menu yang dipilih adalah nusantara.

"Dan saya yakin dengan tempat yang sudah bagus ini saya harapnya menunya yang makanan tradisional yang HB 2 sampai HB 7 yang dimunculkan. Karena ya memang  tema tradisional, saya yakin pasti itu karena javanese wedding. Kalau memang international wedding, pasti di ballroom ya,"terangnya.

"Mereka sudah milih tempat yang sangat istimewa, akhirnya makanannya juga sesuai dengan itu. Minuman tradisional satu paket. Semacam jamu," lanjutnya.

Ia menambahkan ada sekitar 100 staf yang akan terlihat dalam pernikahan Kaesang-Erina.

"Tidak terlalu banyak, karena ini kan urusan RI 1, memang harus terbatas. Staf sudah punya pengalaman untuk VIP, jadi bukan hal yang baru, refresh aja," imbuhnya.

Sementara itu, tiga hari menjelang hari H, kesibukan di Pendopo Royal Ambarrukmo mulai terlihat.

Pada Rabu (07/12/2022) bagian Pendopo sudah dipenuhi oleh meja bundar dan kursi-kursi.  Dalam satu meja bundar ada sekitar 8 kursi yang mengelilingi. Lebih dari 40 set meja kursi memenuhi bagian Pendopo Royal Ambarrukmo . 

Namun saat ini meja dan kursi tersebut ditutup kain warna merah dan cokelat muda.  Beberapa perlengkapan dekorasi pun mulai disiapkan di sisi timur dan barat Pendopo.

Terlihat beberapa petugas sedang memasang karpet, triplek, dan lainnya.

Rangkaian pernikahan Kaesang-Erina dimulai pada 8 Desember dengan agenda semaan Alquran dan pengajian.

Selanjutnya pada 9 Desember bakal dilakukan upacara pasang bleketepe tuwuhan dan siraman pengantin putri.

Seluruh rangakaian acara berlangsung di rumah Erina Gudono di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman. Sedangkan untuk akad nikah akan dilaksanakan di Pendopo Royal Ambarrukmo pada 10 Desember siang. (jogjaaja.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories