Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Puasa Ramadan

Inilah 3 Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Puasa Ramadan (Trenasia)

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang diperlukan oleh tubuh agar selalu aktif dan menjaga kesehatan fisik. Namun, banyak orang yang mungkin kebingungan bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga ketika bulan puasa Ramadan.

Hal ini karena ketika kita puasa, tentu kita tidak diperbolehkan makan dan minum setelah subuh sampai waktu buka puasa. Jadi, ketika kita haus atau lapar saat setelah olahraga jika belum waktunya berbuka maka kita juga tidak diperbolehkan untuk makan atau minum.

Meski begitu, sebelum Anda memutuskan untuk berolahraga, Anda juga perlu tahu kebutuhan olahraga ketika menjalankan ibadah puasa. Pada umumnya, Anda masih bisa atau aman untuk melakukan olahraga ringan ketika puasa.

Namun, sebaiknya hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang tidak biasa ketika puasa. Hal ini justru akan menekan bahkan menurunkan tingkat kekebalan Anda.

Selain itu, tingkat olahraga yang disarankan saat Anda berpuasa juga akan sangat bergantung pada tingkat aktivitas fisik Anda sebelum Ramadan. Jika sebelum Ramadan Anda cenderung tidak banyak bergerak atau tidak aktif secara fisik, maka sebaiknya lakukan olahraga yang rendah dengan kecepatan yang lambat. Selain itu, penting untuk istirahat dan tetap aktif secara fisik setiap hari.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Puasa Ramadan

Setelah Anda mengetahui bagaimana harus berolahraga ketika bulan Ramadan, Anda juga perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut. Berikut penjelasannya.

1. Pagi hari setelah matahari terbit

Keuntungan olahraga pada waktu ini adalah Anda masih memiliki lebih banyak energi karena baru saja makan sahur. Meski begitu, olahraga di waktu ini juga menimbulkan kerugian seperti mengalami risiko dehidrasi karena tidak ada kesempatan untuk kembali minum atau makan sampai buka puasa nanti.

2. Sore sebelum berbuka puasa

Keuntungannya, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk makan atau minum setelah olahraga, sehingga menurunkan risiko badan menjadi lemas atau dehidrasi. 

3. Sore hari setelah berbuka puasa

Waktu ini biasanya dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berbuka puasa karena tubuh sudah mendapatkan bahan bakar dan hidrasi sebelum dan sesudah olahraga. Meski begitu, tetap hindari berolahraga 1-2 jam sebelum tidur agar hormon stres turun terlebih dahulu sehingga tidur Anda tetap berkualitas. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories