Inilah 3 Kesalahan Terkait Keamanan Teknologi yang Mungkin Anda Lakukan

3 Kesalahan Konyol Tentang Keamanan Teknologi yang Mungkin Anda Lakukan (freepik.com)

JAKARTA - Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, keamanan teknologi menjadi penting untuk diperhatikan. Hal itu dilakukan terutama soal perlindungan data pribadi, keamanan bisnis, transaksi keuangan, hingga pencegahan terhadap serangan siber.  

Meski begitu terkadang, banyak orang melakukan kesalahan konyol atau aneh dalam keamanan teknologi karena kurangnya pemahaman atau kesadaran akan potensi risiko keamanan. 

Kesalahan Konyol Terkait Keamanan Teknologi

Berikut beberapa kesalahan konyol tentang keamanan teknologi yang mungkin Anda lakukan dari berbagai sumber. 

1. Menggunakan PIN yang Sama untuk Layar Kunci Ponsel dan Bank

Memang wajar ketika Anda tidak ingin mengingat banyak kode. PIN mudah dilupakan, jadi Anda membuatnya tetap sederhana dan menggunakan kembali PIN yang sama untuk akses ke ponsel dan bahkan aplikasi mobile bank Anda. 

Namun ingat, jangan pernah termakan godaan ini! Menggunakan pin yang sama untuk mengakses ponsel dan aplikasi banking bisa sangat merugikan Anda.

Katakanlah Anda sedang bersantai di kedai kopi, dan Anda membuka ponsel. Seseorang yang berdiri di belakang Anda dapat melihat pin Anda, menuliskannya dan mulai menggunakannya untuk mengakses rekening bank Anda dalam hitungan menit.

Untuk melindungi diri Anda sendiri, gunakan PIN yang berbeda. Jika Anda kesulitan mengingat semuanya, pertimbangkan pengelola kata sandi yang tersedia di ponsel atau aplikasi download layanan digital. 

2. Mengaktifkan Bluetooth 24/7

Bluetooth adalah teknologi radio nirkabel jarak pendek yang bekerja mirip dengan Wi-Fi dan jaringan seluler namun melakukan tugas yang lebih sederhana pada jarak yang lebih pendek. 

Anda tidak memerlukan sinyal seluler atau koneksi jaringan untuk menggunakan Bluetooth, dan tidak menggunakan data.

Seperti halnya jaringan Wi-Fi atau koneksi lainnya, Bluetooth memiliki kerentanan. Peretas dan penipu harus berada di dekat Anda agar dapat menggunakan Bluetooth untuk membajak ponsel Anda. 

Namun di ruang publik mana pun, Anda akan selalu berada diantara orang asing. Jadi pastikan Anda tidak sembarangan menyalakan Bluetooth ketika tengah berada di area publik. 

3. Mengklik Iklan dan Mendownload File dari Situs Sembarangan

Langkah ini adalah cara paling mudah untuk merusak komputer Anda. Jika Anda melihat item yang Anda sukai di iklan, sebaiknya jangan mengkliknya. Anda lebih baik menuju ke bilah pencarian dan mengunjungi situs web merek itu sendiri. Di sana, cari item di iklan.

Tentu saja, hal ini memerlukan beberapa langkah tambahan, namun lebih baik aman daripada menyesal. Terlebih, sangat mudah bagi penjahat dunia maya untuk membuat iklan berbahaya. Mereka bahkan mungkin menyamar sebagai perusahaan asli untuk membuat Anda lengah.

Itu sebabnya Anda tidak boleh mengklik iklan, meskipun iklan tersebut terlihat aman. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 27 Nov 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 28 Nov 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories