Inilah 5 Jajanan Terpopuler di Indonesia, Ada dari Sumbar?

Inilah 5 Jajanan Terpopuler di Indonesia, Ada Favoritmu? (Trenasia)

Setiap daerah termasuk negara tentu memiliki makanan khasnya masing-masing. Hal ini juga termasuk snack atau makanan ringan yang biasa dikonsumsi sebagai camilan.

Dari sekian banyak makanan camilan atau jajanan yang ada, inilah jajanan yang terpopuler di Indonesia menurut Taste Atlas.

Snack atau Jajanan Terpopuler di Indonesia

Snack atau Jajanan Terpopuler di Indonesia

1. Pempek

Pempek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan giling dan tepung tapioka. Makanan ini berasal dari kota Palembang dan saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Biasanya, pempek disajikan bersama mie, acar, dan kuah yang disebut sebagai cuko yang bercita rasa manis, gurih, dan pedas.

2. Gorengan

Gorengan adalah nama umum yang merujuk sekelompok makanan ringan gorengan Indonesia yang bisa terbuat dari berbagai bahan. Ada gorengan yang terbuat dari pisang, tempe, tahu, ubi, atau nangka.

3. Serabi

Serabi adalah snack yang mirip dengan pancake atau bisa dibilang pancake tradisional Indonesia. Serabi dibuat dari tepung beras dan diolah dengan santan dan kelapa parut. Biasanya diberikan berbagai macam topping seperti gula, pisang, taburan cokelat, dan nangka.

4. Roti Canai

Roti canai adalah roti pipih goreng yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India yang kini sudah dikonsumsi oleh masyarakat Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, hingga Thailand. Adonan roti canai dapat dilipat berulang-ulang sehingga hasil produk akhirnya memiliki tekstur yang berlapis dengan bagian dalam yang lembut dan lapisan luar yang renyah.

5. Batagor

Batagor adalah salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia. Batagor adalah pangsit ikan goreng yang biasanya disajikan dengan saus kacang pedas. Batagor biasanya disajikan dengan dipotong kecil-kecil lalu dilumuri saus kacang, kedelai, dan cabai dengan percikan air jeruk nipis. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories