Inilah 5 Tips Jitu Agar Ponsel Anda Berfungsi Lebih Cepat

5 Tips Cerdas untuk Membuat Kinerja Ponsel Jadi Makin Cepat (freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Kita mungkin sudah terbiasa dengan kinerja ponsel yang semakin cepat sehingga ketika tiba-tiba ponsel bekerja dengan lambat, kita jadi merasa kesal dan frustasi. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa setelah beberapa tahun Anda menggunakan perangkat tersebut, Anda mungkin akan mulai merasakan ponsel jadi lambat.

Jika Anda memiliki ponsel lama atau bahkan yang baru yang terasa semakin lambat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Cerdas Membuat Fungsi Ponsel Jadi Semakin Cepat

1. Restart Ponsel Anda 

Dengan baterai yang diisi setiap malam dan penggunaan power bank, mudah sekali menjalani hidup tanpa ponsel yang pernah benar-benar mati. Itu artinya ponsel Anda mungkin jarang sekali dimatikan, dan meskipun ini tampak praktis, sebenarnya ini bisa menjadi penyebab ponsel melambat. 

Semakin lama ponsel beroperasi tanpa restart, semakin banyak proses di latar belakang yang bisa menumpuk dan memperlambat kinerja ponsel. Jadi, lakukan restart sesekali untuk membersihkan proses yang menumpuk, agar kinerja ponsel semakin cepat.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan 

Jika ponsel Anda penuh dengan aplikasi yang jarang digunakan, pertimbangkan untuk menghapus sebagian dari mereka. Meskipun diharapkan aplikasi yang tidak digunakan tidak memengaruhi kinerja ponsel kecuali jika dibuka, beberapa di antaranya mungkin memiliki proses latar belakang yang dapat memperlambat ponsel. 

Daripada hanya membatasi proses latar belakang tanpa menghapus aplikasi sepenuhnya, lebih baik hapus saja aplikasi yang jarang digunakan dan lihat hasilnya.

3. Periksa Kondisi Baterai 

Battery health mungkin tampak tidak berhubungan langsung dengan kecepatan ponsel, tetapi seiring dengan menurunnya kualitas baterai, banyak ponsel yang mulai menurunkan kinerja untuk menghindari pengurasan baterai terlalu cepat. Hal ini karena kebanyakan orang lebih memilih ponsel yang bisa bertahan sepanjang hari daripada yang sedikit lebih cepat. 

4. Jaga Pengaturan Ponsel Tetap Sederhana 

Jika ponsel Anda mulai terasa lambat, coba kurangi beban pada ponsel dengan mengurangi penggunaan fitur-fitur baru yang canggih. Pada iPhone, mungkin Anda harus menghapus widget dari home screen atau lockscreen, karena widget ini memerlukan banyak penyegaran terus-menerus untuk tetap akurat dan mungkin memperlambat ponsel Anda. 

Meski begitu, tetap penting untuk terus menginstal pembaruan terbaru. Jika ponsel Anda bisa menginstal pembaruan perangkat lunak, sebaiknya Anda segera untuk melakukannya. Upaya tersebut tidak hanya akan menjaga keamanan ponsel, tetapi kadang-kadang juga membawa peningkatan kinerja seiring perangkat lunak yang semakin efisien.

5. Bersihkan Cache di Browser atau Aplikasi 

Ini adalah tips lama yang masih efektif untuk dilakukan. Jika Anda merasa penjelajahan web membuat ponsel terasa lambat, mungkin karena banyaknya informasi dan data cache yang disimpan. 

Anda bisa menghapus cache ini untuk setiap peramban secara individual, dan caranya sangat mudah. Pada iPhone, buka Settings, lalu Safari, dan ketuk Clear History dan Website Data untuk membersihkan semuanya. 

Jika Anda menggunakan Android, buka Settings lalu pilih Storage dan ketuk Apps untuk melihat daftar aplikasi. Pilih aplikasi yang diinginkan dan ketuk Clear Cache untuk menghapus data yang disimpan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kinerja jadi semakin cepat.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 08 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories