Jabatan Direktur Consumer Service Telkom Dihapus, Ini Penyebabnya

Gedung kantor Telkom di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. (TrenAsia/Ismail Pohan)

Jabatan direktur Consumer Service dihapus dari jajaran direksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) karena pemisahan (spin off) unit usaha IndiHome sementara ada posisi baru yang dicatut.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, perseroan memutuskan untuk mengurangi posisi direktur karena spin off unit usaha IndiHome yang nantinya akan digabungkan dengan Telkomsel.

Sebelumnya, posisi direktur Consumer Service diisi oleh FM Venusiana R. yang pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) disetujui untuk menjadi direktur Enterprise & Business Service menggantikan Edi Witjara.

Walaupun ada posisi direktur yang dihapus, Ririek mengatakan bahwa pihaknya menambahkan posisi baru di jajaran direksi, yaitu direktur of Group Business Development yang diisi oleh Honesti Basyir, direktur utama PT Bio Farma (Persero).

"(Penambahan) ini agar Telkom memiliki direktur yang fokus kepada berbagai katakanlah anak usaha atau unit yang merupakan sumber pertumbuhan revenue ke depannya, data center salah satunya, dan nanti ada beberapa lagi yang akan dibawahi direktur yang baru," ujar Ririek saat ditemui seusai konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa, 30 Mei 2023.

Ririek pun menegaskan bahwa Honesti Basyir akan undur diri dari jabatannya sebagai direktur utama Bio Farma karena sesuai dengan aturan yang ada, direksi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak diperbolehkan merangkap dengan jabatan komisaris, kecuali untuk anak usaha.

Selain menambah dan mengurangi direksi, Telkom melalui RUPST pun menyepakati untuk menambah posisi komisaris independen yang diisi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim.

Ririek mengatakan bahwa bergabungnya Silmy Karim diharapkan dapat memperkuat dewan komisaris untuk melakukan supervisi dan memberikan berbagai nasihat karena pengalaman Silmy yang berbeda dengan jajaran komisaris yang sebelumnya menjabat.

Berikut ini susunan dewan komisaris dan direksi yang ditetapkan dari RUPST tahun buku 2022 Telkom:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen
Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro

Komisaris Independen
Wawan Iriawan

Komisaris Independen
Bono Daru Adji

Komisaris Independen
Abdi Negara Nurdin

Komisaris
Arya Mahendra Sinulingga

Komisaris
Marcelino Pandin

Komisaris
Ismail

Komisaris
Rizal Mallarangeng

Komisaris
Isa Rachmatarwata

Komisaris
Silmy Karim

 

Dewan Direksi

Direktur Utama
Ririek Adriansyah

Direktur Enterprise & Business Service
FM Venusiana R

Direktur Digital Business
Muhamad Fajrin Rasyid

Direktur Human Capital Management
Afriwandi

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko
Heri Supriadi

Direktur Network & IT Solution
Herlan Wijanarko

Direktur Strategy Portfolio
Budi Setyawan Wijaya

Direktur Wholesale & International Service
Bogi Witjaksono

Direktur Group Business Development
Honesti Basyir 

(TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories