Jalan di Ibu Kota Negara Memang Istimewa, Kabarnya Bisa Jadi Runway Pesawat Terbang

Perayaan HUT RI ke-79 yang rencananya hendak digelar di IKN. (YouTube Sekretariat Presiden)

Pemerintah berencana mendesain jalan-jalan yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN) agar bisa dilalui oleh pesawat terbang. Untuk itu, jalan di IKN akan dibangun seperti runway baik itu untuk take-off maupun landing pesawat.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapan desain seperti ini pun sudah diterapkan oleh sejumlah negara-negara tetangga.

"Kami memikirkan jalan arteri primer (IKN), itu kami pertimbangkan sebagai runway pesawat. Itu panjangnya 1-2 kilometer," ujar dia di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dikutip Senin, 16 Januari 2023.

Beberapa jalan yang nantinya akan memiliki fungsi lain sebagai landasan pacu pesawat itu pun tidak akan memiliki tiang-tiang listrik seperti yang kerap ditemukan pada jalan-jalan umum lainnya di Tanah Air.

Seluruh kabel yang ada tersebut nantinya akan ditanam di bawah tanah pada sebuat box yang dinamakan multi-purpose utility tunnels (MUTs). Hal ini bertujuan agar kabel-kabel listrik tersebut tidak mengganggu pesawat saat digunakan sebagai runway.

"Di jalan-jalan itu nanti multi tunnels untuk utilitas. Jadi nanti nggak ada kabel, ya ada, tetapi sementara karena box-nya belum jadi," jelas Danis

Adapun sejumlah negara yang saat ini menerapkan konsep serupa dengan menjadikan jalan-jalan yang ada sebagai landasan pacu oleh pesawat terbang adalah Jerman dan Singapura.

Sebagai informasi, hingga saat ini progres pembangunan IKN pun secara keseluruhan baru mencapai 12-15%. Kendati begitu, Danis mengklaim ada beberapa proyek yang saat ini hampir 100% sudah selesai dikerjakan.

"Progres infrastruktur dasar sudah 12% sampai 15%. Secara keseluruhan, tetapi kan sudah ada yang sudah jadi 100%," terangnya. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories