Jungkook Jadi Anggota Keenam BTS yang Raih 10 Besar Tangga Lagu Billboard

Jung Kook Catatkan Prestasi Membanggakan di Tangga Lagu Billboard (Forbes)

JAKARTA - Album solo pertama milik Jungkook, anggota grup K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) sukses meraih posisi kedua di tangga lagu Billboard.

Sementara itu, di posisi pertama terdapat "1989 (Taylor's Version)" milik penyanyi Taylor Swift yang telah menduduki puncak tangga album untuk minggu kedua berturut-turut. 

Data dari Hanteo Chart menunjukkan bahwa "Golden" milik Jungkook berhasil mencatat penjualan album fisik terbesar dalam pekan yang berakhir 9 November 2023. Album "Golden" yang dirilis pada 3 November lalu telah terjual 2,4 juta keping pada Jumat tengah malam.

Dengan ini, Jungkook telah menjadi anggota keenam BTS yang mencapai posisi 10 besar dalam tangga lagu Billboard. 

Untuk diketahui, sebelumnya Jungkook juga mencatatkan prestasi mengesankan atas lagu kolaborasinya yang berjudul “Too Much”. Lagu “Too Much” sukses menembus chart Rhythmic Airplay, peringkat mingguan lagu-lagu yang mendominasi stasiun radio di seluruh AS yang berspesialisasi dalam musik ritmis (perpaduan eklektik antara R&B, hip-hop, dan pop) Lagu ini memulai perjalanannya di tangga lagu di No. 25.

"Too Much" adalah lagu kolaborasi Jung Kook dengan The Kid Laroi dan menampilkan Central Cee. 

Masuknya Jung Kook ke dalam chart Rhythmic Airplay menetapkan tonggak sejarah bagi musisi Korea Selatan.

Dengan hit baru ini, Jung Kook menjadi artis solo Korea Selatan kedua yang menghiasi chart Rhythmic Airplay, mengikuti jejak artis besar Psy yang sempat mencatatkan prestasi yang sama lebih dari satu dekade yang lalu.

Fenomena global Psy "Gangnam Style" mencapai No. 15, menandai awal dari fenomena K-pop yang bertahan lama di chart Rhytmic Airplay.

Sejauh ini, hanya tiga artis Korea Selatan yang berhasil mendapatkan tempat di penghitungan Rhythmic Airplay. Yaitu Psy, Jung Kook dan BTS. Sebelumnya BTS telah mencatatkan prestasi di chart ini dengan dua lagu yaitu “Mic Drop” dan “Butter”.

"Too Much" tak hanya menjadi lagu keempat artis Korea Selatan yang mencapai chart Rhythmic Airplay, namun juga langsung menjadi hit chart tertinggi kedua di peringkat tersebut. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 14 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories