Kampanye #BangkitSerentak SRC Dukung UMKM Lokal

SRC Toko Kelontong Masa Kini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangkitkan perekonomian lokal dan nasional melalui kampanye #BangkitSerentak. SRC Indonesia mengajak konsumen untuk menjadi pahlawan ekonomi lokal dengan kembali berbelanja di toko kelontong. Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia menjadi momentum yang tepat untuk berkontribusi dalam memperkuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu fondasi ekonomi Tanah Air. (Istimewa)

JAKARTA – Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dimaknai oleh PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dengan terus bergerak, berinovasi dan berkontribusi.

Melalui SRC toko kelontong masa kini, SRCIS menghadirkan kampanye #BangkitSerentak yang mengajak masyarakat Indonesia menjadi pahlawan ekonomi lokal, dengan terus berbelanja di toko kelontong SRC. Hal ini sekaligus berkontribusi dalam memperkuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan pondasi utama ekonomi negeri. 

Direktur PT SRCIS Rima Tanago menjelaskan, di tengah situasi yang penuh tantangan, SRC konsisten menginisiasi sejumlah program yang mengajak masyarakat untuk berbelanja di toko kelontong.

SRC Indonesia ingin ambil bagian dan menjadi solusi dengan menebarkan semangat untuk bangkit serentak mendukung UMKM terus aktif menggerakkan ekonomi kerakyatan, guna mendukung program pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional.

“SRCIS mengajak semua pihak untuk membangkitkan UMKM khususnya toko kelontong di setiap daerah. Melalui sinergi dan kolaborasi semua elemen masyarakat mulai pedagang kelontong SRC, mitra bisnis dan pemangku kepentingan lainnya akan menciptakan ribuan pahlawan ekonomi lokal,” jelas Rima dalam keterangan resmi, Selasa, 24 Agustus 2021.

Rima menyatakan, kampanye #BangkitSerentak merupakan kelanjutan dari kampanye sebelumnya sebagai bentuk konsistensi untuk menstimulasi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas pembelian di toko kelontong SRC. Hingga saat ini SRC memiliki jaringan di 140 ribu toko dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. 

“Dengan kekuatan jaringan yang sangat besar ini, kami berharap dapat memberikan dampak secara luas pada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal. Layaknya mayoritas UMKM yang dijalankan keluarga, berkembangnya toko kelontong SRC diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia,” kata Rima. 

Sinyal positif pemulihan ekonomi yang terus diperjuangkan oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat juga akan menjadi energi bagi perjuangan untuk meningkatkan transaksi toko kelontong lokal. Seperti dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II APBN 2021 tahunan mencapai 7,07% (yoy). 

“SRCIS akan terus mendukung Indonesia agar segera bangkit dari dampak pandemi dan kembali ke jalur pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, termasuk yang berada di sektor UMKM akan menjadi kunci sukses menghadapi situasi yang penuh dengan tantangan seperti saat ini, sehingga tercipta Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” tegas Rima.

Program HUT Kemerdekaan RI

Dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI ini, SRCIS juga menggelar sejumlah program belanja di jaringan toko kelontong SRC.

Pertama, menyediakan layanan pesan antar spesial Agustusan pada aplikasi AYO Kelontong. Konsumen dapat memanfaatkan fitur ini untuk pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan menyenangkan. 

Kedua, secara serentak jumlah transaksi di aplikasi Pojok Bayar akan diakumulasi untuk meraih rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Aplikasi Pojok Bayar merupakan platform PPOB (Payment Point Online Bank) khusus toko kelontong SRC yang memudahkan transaksi pembelian dan pembayaran nontunai berbagai macam produk digital bagi pelanggannya. 

Selain sebagai sumber pendapatan bagi pemilik toko kelontong SRC, Pojok Bayar juga memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam pembelian token listrik, pembayaran PDAM, pembelian pulsa, paket data dan juga transaksi lainnya.

Pojok Bayar juga terus melengkapi portofolio produk digitalnya seiring berjalannya waktu, seperti voucer game, dompet digital hingga pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Ketiga, SRCIS mengajak konsumen mengikuti berbagai kegiatan bersama toko kelontong SRC. Salah satunya adalah “Tantangan Berkibar” yakni lomba swafoto di Pojok Bayar SRC saat konsumen berbelanja di toko kelontong SRC. Hal ini melambangkan kontribusi konsumen dalam ekonomi lokal. 

Lomba swafoto Tantangan Berkibar ini dapat diikuti konsumen dengan cara melakukan transaksi di toko kelontong SRC dengan menggunakan pakaian merah-putih.

Swafoto tersebut kemudian diunggah di aplikasi AYO Kelontong. Informasi lengkap terkait lomba swafoto dapat diakses di https://bangkitserentak.src.id/.

Selain aktivitas bersama konsumen, SRCIS juga mengajak pedagang kelontong SRC untuk berpartisipasi dalam kompetisi transaksi bertajuk Marathon Transaksi (MANTRA) selama periode 1-31 Agustus. 

Melalui aktivitas tersebut SRC Indonesia berharap seluruh elemen masyarakat bisa tergerak untuk berpartisipasi dan bangkit serentak sehingga semakin banyak kontribusi yang diberikan untuk lingkungan yang kecil dan lebih luas. “Ke depan SRC Indonesia akan terus berinisiatif, produktif, dan kontributif sehingga kita bisa maju bersama dan berkontribusi untuk Indonesia,” ujar Rima.


Related Stories