Kasus Covid-19 Meningkat, RSUP Dr M Djamil Padang Tugaskan 10 Tenaga Kesehatannya ke Wisma Haji Jakarta

Salah seorang nakes RSUP Dr M Djamil Padang yang ditugaskan untuk RS Lapangan Covid-19 di Jakarta melakukan pemeriksaan antibodi sebelum di berangkatkan ke Jakarta, Rabu (7/7/2021).

10 tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang, ditugaskan ke Jakarta sebagai tenaga relawan penanganan Covid-19. Penugasan 10 nakes tersebut sebagai tindak lanjut permintaan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian kesehatan RI.

Nakes tersebut nantinya akan ditugaskan di Wisma Haji Jakarta yang telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Lapangan Covid-19. Hal ini terjadi karena peningkatan kasus positif Covid-19 di Ibukota dan keterbatasan Nakes.

Dalam pelepasan secara resmi oleh Direktur Utama Dr M Djamil Padang, Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS, ia berpesan dan berharap agar para nakes yang terdiri dari dokter, perawat dan radiografer untuk selalu menjaga kesehatan.

“Kami titip pesan untuk terus menjaga kesehatan dan tidak tertular Covid-19,” kata Direktur Utama di sela-sela kegiatan pelepasan secara resmi di Aula Poliklinik Rawat Jalan lantai IV, Rabu (7/7/2021).

Dr Yusirwan mengingatkan bahwa saat ini kondisi Covid-19 terus meningkat, sehingga Kementerian Kesehatan mengakomodir Wisma Haji sebagai RS Lapangan Covid-19.

“RSUP M Djamil merupakan satu dari 33 RS Vertikal, untuk itu jika ada yang mengalami sakit maka bersama untuk membantu, ini sebagai bentuk solidaritas kita mengirimkan tenaga kesehatan untuk ditugaskan di sana,” ungkapnya.

Dokter spesialis bedah anak itu berpesan kepada nakes yang ditugaskan untuk meningkatkan komunikasi. Karena merupakan utusan yang membawa nama RSUP Dr M Djamil Padang.

“Bangun komunikasi yang baik dan bekerjalah dengan ikhlas, karena bagaimapun penugasan ini adalah misi kemanusian, selamat bertugas dan semoga selalu dalam lindungan-Nya,” harapnya sembari berpesan untuk terus menetapkan protokol kesehatan.

Sementara itu Koordinator Sumber Daya Manusia RSUP Dr M Djamil Padang, Dedi Alfian SKM MM menjelaskan, para tenaga kesehatan yang ditugaskan ke Jakarta tersebut sudah melewati serangkian persyaratan adminstrasi, seperti surat pernyataan kesedian ditugaskan, izin orang tua/suami/istri, telah melakukan vaksinasi, pemeriksaan antibodi serta melakukan swab PCR negatif.

“Nakes kami yang ditugaskan merupakan nakes yang selama ini telah bertugas menangani pasien Covid-19 di sini (RSUP M Djamil),” terangnya sembari menyebutkan nakes akan bertugas selama satu bulan ke depan.

Dikatakan Dedi, 9 Nakes akan diberangkatkan pada Rabu (7/7) sore dan satu nakes Kamis (8/7).

Sementara itu, koordinator nakes Ns Wahyuda S Kep berharap dan memohon kepada semua agar mereka difasilitasi dan didoakan keselamatan serta kesehatan.

(rel)


Related Stories