Kedubes Amerika Kunjungi SMA Negeri 3 Painan

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat diwakili Pejabat Bidang Kebudayaan, Leo Jilk bersama Staf Ahli Bidang Publik Diplomasi Konsulat Amerika Serikat Medan, Rachma saat berkunjung ke SMA 3 Painan. (Foto: Humas Pemkab)

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat diwakili Pejabat Bidang Kebudayaan, Leo Jilk bersama Staf Ahli Bidang Publik Diplomasi Konsulat Amerika Serikat Medan, Rachma A. Jaurinata berkunjung ke SMA Negeri 3 Painan.

Kedatangan perwakilan dari Kedubes Amerika Serikat bersama rombongan itu disambut langsung Kepala SMA Negeri 3 Painan, Muslim Arif Sekretaris Komite, Damyursal dan majlis guru SMA Negeri 3 Painan. Kemudian juga hadir para siswa/siswi SMA Negeri 3 Painan.

Pejabat Bidang Kebudayaan Kedubes Amerika Serikat, Leo Jilk dalam kesempatan itu mengaku sangat senang bisa berkunjung serta berkenalan dengan keluarga besar SMA Negeri 3 Painan.

"Kami juga merasa sangat senang atas penyambutan SMA Negeri 3 Painan yang begitu hangat dan penuh keakraban. Semoga kunjungan ini memberikan manfaat untuk kemajuan dunia pendidikan ke depan," katanya dikutip dari situs resmi Pemkab Pesisir Selatan, Senin 30 Mei 2022.

Pada pertamuan itu ada beberapa siswa/siswi SMA Negeri 3 Painan yang mengajukan pertanyaan kepada Leo Jilk. Siswa tersebut adalah Fadel yang bertanya tentang bullying di Amerika Serikat dalam bahasa Inggris.

Kemudian pertanyaan selanjutnya datang dari siswi SMA Negeri 3 Painan yaitu Rahma. "Pertanyaan saya bagaimana dengan program pembelajaran kami di Indonesia, sementara kami tinggalkan sekolah ini selama 1 tahun," katanya.

Pertanyaan siswa/siswi SMA Negeri 3 Painan itu langsung dijawab oleh Leo Jilk. Menurutnya, dalam kegiatan pertukaran pelajar di sana, para siswa juga akan mendapatkan pembelajaran seperti sains, matematika, dan lainnya serta kegiatan ekstrakurikuler.

Bahkan akan banyak tambahan ilmu yang lain. Di akhir pertemuan itu juga disampaikan bahwa untuk kuliah ke luar negeri juga ada beasiswa baik dari Pemerintah Indonesia maupun dari Pemerintah Amerika Serikat, jelasnya.

Kepala SMA Negeri 3 Painan, Muslim Arif mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kedutaan Besar Amerika Serikat diwakili Pejabat Bidang Kebudayaan Kedubes Amerika Serikat, Leo Jilk bersama Staf Ahli Bidang Publik Diplomasi Konsulat Amerika Serikat Medan, Rachma A. Jaurinata ke SMA Negeri 3 Painan.

"Kami berharap Kedubes Amerika Serikat bisa datang lagi ke SMA Negeri 3 Painan. Bila ada sikap kami dalam penyambutan bapak dan ibu dari Kedubes Amerika Serikat yang kurang berkenan, kami atas nama keluarga besar SMA Negeri 3 Painan menyampaikan permohonan maaf," katanya.

Muslim mengungkapkan, adapun rangkaian acara kunjungan Kedubes Amerika Serikat ke SMA Negeri 3 Painan itu adalah melaksanakan pertemuan singkat dengan pimpinan SMA Negeri 3 Painan. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi di hadapan siswa tentang Program Pertukaran Pemuda dan hal-hal lainnya.

"Kegiatan ini dalam bentuk kunjungan resmi dengan program pertukaran pelajar di bidang budaya, kuliner dan wisata. Kita harapkan ada salah satu siswa SMA Negeri 3 Painan yang ikut untuk pertukaran pelajar ke Amerika Serikat nantinya," harap Muslim.

Editor: Redaksi

Related Stories