Kementerian ESDM RI Butuh Rp16.352 Triliun Demi Dorong Target NZE

Rida Mulyana ESDM (TrenAsia/Debrinata)

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut kebutuhan investasi yang dibutuhkan untuk mendorong target net zero emision (NZE) pada 2060 mencapai US$1.108 miliar atau Rp16.352 triliun (asumsi kurs Rp14.758 per dolar AS).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, kebutuhan investasi tersebut ditujukan untuk pembangunan sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

"Angka US$ 1.108 miliar tersebut berdasarkan hitungan yang dilakukan bersama International Energy Agency (IEA),"katanya acara Seminar Hilirisasi dan Transisi Energi dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Adapun Rida merinci, dalam total investasi tersebut  untuk pembangunan pembangkit sebesar US$944,6 miliar dan pembangunan transmisi sebesar US$113,4 miliar.

Saat ini pemerintah tengah membuka kesempatan untuk kedatangan investor asing dan lokal ke Indonesia. Terutama untuk berinvestasi di sektor pembangkit energi bersih.

Sembari Indonesia mempersiapkan,  industri komponen untuk pembangkit EBT di dalam negeri juga turut tumbuh. Sehingga tidak bergantung lagi dengan negara lain. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories