Kementerian PUPR Siapkan Rp2 Triliun Bangun Ribuan Unit Rusun di IKN

Warga beraktivitas di Rusunawa KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta, Rabu, 29 Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Pada tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikabarkan telah menyiapkan anggaran senilai Rp2 triliun untuk membangun ribuan unit rumah susun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto dalam rapat kerja bersama anggota Komisi V DPR RI pada Rabu, 25 Januari 2023.

"Total ada Rp2 triliun untuk pembangunan rumah susun sebanyak 5.379 unit di IKN Nusantara,” kata Iwan dilansir dari trenasia.com jaringan KabarMInang.id

Menurut Iwan, dana tersebut juga akan digunakan Kementerian PUPR dalam melakukan kegiatan Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi (OPOR ) terhadap sebanyak 59 tower rumah susun yang sudah ada saat IKN Nusantara.

Adapun dana yang dianggarkan sebesar Rp2 triliun untuk membangun rumah susun itu turut digunakan dalam pembangunan hunian bagi para pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebanyak 22 tower.

Iwan mengatakan bahwa pembangunan hunian pekerja konstruksi tersebut akan diselesaikan dalam waktu dekat dengan anggaran yang teralokasi Rp200 miliar.

Sebelumnya, Iwan turut menyatakan bahwa pembangunan setidaknya 36 unit rumah jabatan menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) siap dimulai di lokasi persil 104 dan 105 KIPP IKN.

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories