Keuntungan Ekonomis dari Tidak Memiliki Mobil

Ini Manfaat Tidak Memiliki Mobil Saat Dewasa, Jadi Lebih Hemat? (Pexels/Jeshoots)

JAKARTA - Bagi beberapa orang, mobil tampaknya sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki. Hal ini karena mobil biasanya dimanfaatkan untuk pergi ke kantor, mengantar anak-anak, atau membawa barang untuk keperluan pekerjaan.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri harga mobil cukup mahal. Selain itu, mobil juga membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit.

Lalu, jika mengalami hal demikian, apakah ada manfaat jika tidak memiliki mobil saat dewasa saat Anda tingga di daerah dengan transportasi umum yang layak? Berikut penjelasannya.

Manfaat Tidak Memiliki Mobil

Seperti yang dilansir dari Money Crashers berikut beberapa keuntungan dari tidak memiliki mobil.

1. Meningkatkan Tabungan

Tidak dapat dipungkiri, memiliki mobil itu mahal. Selain biaya membeli mobil itu sendiri, Anda harus membayar bahan bakar, asuransi jika dibutuhkan, biaya pemeliharaan, dan tergantung di mana Anda tinggal, parkir dan tol.

Memang ada cara untuk menekan biaya-biaya di atas, seperti melunasi kredit mobil lebih awal. Akan tetapi, meski Anda memiliki sedikit uang, memiliki mobil tetap menghabiskan banyak uang per tahunnya.

2. Meningkatkan Kesehatan

Dokter tentu setuju bahwa olahraga lebih banyak adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan. Selain itu, salah satu cara terbaik untuk melakukan lebih banyak olahraga dalam keseharian Anda dengan lebih banyak berjalan kaki atau bersepeda, daripada mengemudi.

Dengan tidak menyetir mobil secara praktis akan memaksa Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggerakkan tubuh, meski hanya berjalan kaki ke halte terdekat.

3. Lebih Sedikit Stres

Bagi banyak orang, waktu yang dihabiskan di belakang kemudi adalah bagian paling menegangkan dalam sehari. Bahkan, studi yang dilakukan di University of Montreal dan University of East Anglia di Inggris, menunjukkan bahwa penumpang yang berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja dibandingkan mengemudi justru merasa lebih santai selama dan setelah perjalanan.

Selain itu, dengan melewatkan berjam-jam terjebak kemacetan, dan tidak perlu mencari parkir atau khawatir dengan biaya parkir membuat tingkat stres Anda jadi berkurang.

4. Menurunkan Polusi

Jika Anda ingin menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, tidak memiliki mobil adalah salah satu langkah terbesar yang bisa Anda ambil. Dengan tidak memiliki mobil, Anda bisa mengurangi carbon footprint serta kontribusi Anda terhadap kabut asap dan hujan asam.

Itu tadi beberapa keuntungan memiliki mobil pribadi. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Tags mobilHematdewasaBagikan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories