Kloter I Calon Jemaah Haji Sumbar Berangkat ke Tanah Suci pada Senin Dini Hari Nanti

Sejumlah petugas haji tengah melayani seorang calon jemaah haji lansia saat tiba di UPT Asrama Haji Padang, Sumatera Barat, Minggu 4 Juni 2023. (Foto: Egi Caniago/KabarMinang.id)

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat menyebutkan 388 calon jemaah haji pada kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Padang akan berangkat ke tanah suci pada Senin (5/6) dini hari nanti.

Kanwil Kemenag Sumbar Helmi mengatakan untuk calon jemaah haji kloter I akan terbang ke tanah suci pada pukul 01.45 Wib Senin dini hari melalui Bandara International Minangkabau (BIM) dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GA 3301.

"Kloter I telah tiba di Asrama Haji pada Minggu (4/6) pagi. Calon jemaah haji ini berjumlah 393 orang terdiri dari 388 jemaah ditambah 5 petugas kloter. Jemaah kloter satu berasal dari Kota Padang penuh," katanya, Minggu 4 Juni 2023.

Menurutnya semua jemaah yang datang dari Kota Padang ini dalam kondisi sehat, walaupun ada yang menggunakan kursi roda, namun masih dalam kondisi baik.

"Jadi tidak semua yang tua itu renta, dan tidak semua yang renta itu tua, karena ada juga jemaah yang muda tetapi tapi pakai kursi roda. Jadi semangat jemaah haji untuk bisa mandiri juga diperlukan," sebut Helmi.

Kakanwil juga menyampaikan Embarkasi Padang tahun ini memberangkatkan 6.329 orang dengan rincian, 4.613 jemaah dari Sumatera Barat, 1.636 jemaah dari Provinsi Bengkulu ditambah 80 orang petugas kloter.

Jemaah Embarkasi Padang diberangkatkan dalam 17 Kloter, 12 kloter Sumbar, 4 kloter Bengkulu dan satu kloter jemaah gabungan. Satu kloter terdiri dari 388 jemaah ditambah 5 petugas.

Disamping itu kata Helmi, Sumbar juga mendapat kuota tambahan dari 8.000 untuk kuota Indonesia sebanyak 171 orang dan Bengkulu 142 orang.

Editor: Egi Caniago

Related Stories