Kota Padang Bersiap Jadi Daerah yang Dilirik Investor Arab Saudi

Kegiatan kuliah umum bersama Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia tersebut dengan diikuti para mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), disertai Peresmian Saudi Corner selaku Pusat Informasi Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi di Kampus UNP, Sabtu siang (29/1/2022). (dok Humas Pemko Padang)

Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik kedatangan Duta Besar (Dubes) Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al Taghafi beserta rombongan yang tengah melakukan sejumlah agenda di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), khususnya di Kota Padang.

Dubes Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia tersebut datang ke Ranah Minang dalam rangka melakukan sejumlah agenda selama 29 Januari hingga 1 Februari 2022.

Selain ke Kota Padang, tamu kehormatan itu juga akan melakukan sejumlah kegiatan di Kota Payakumbuh, Bukittinggi dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Wako Hendri mengatakan, sejatinya Pemerintah Kota Padang selalu berupaya untuk terus memperbanyak hubungan kerjasama dengan negara luar. Salah satunya bersama Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang merupakan negara terbesar ke lima di Asia.

"Kita di Kota Padang akan terus mengupayakan kerja sama sister city (kota kembar-red) dengan beberapa negara. Alhamdulillah kali ini tercipta dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang memberikan dukungan bagi UNP untuk pembangunan Saudi Corner," ucap Wako dikutip dari rilis, Minggu 30 Januari 2022.

Sementara itu Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al-Taghafi melalui penerjemahnya mengatakan kunjungan kali ini merupakan kunjungan balasan yang telah dilakukan Rektor UNP dan Gubernur Sumbar ke Kedubes Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di Jakarta sebelumnya.

"Kunjungan yang kita lakukan ke Sumbar ini memiliki tujuan yang sama dengan kunjungan ke berbagai provinsi di Indonesia. Intinya adalah melakukan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan, investasi serta perdagangan, keagamaan dan lainnya," sebutnya.

Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al Taghafi juga mengungkapkan Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memiliki hubungan 'history' yang panjang. Dimana hubungan ini harus terus dipererat dan diperkuat melalui jalinan kerja sama di berbagai bidang.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi juga menyampaikan terima kasih kepada Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al Taghafi.

"Kita berharap banyak kerja sama yang bisa dilakukan ke depan dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui dukungan bapak Dubes. Semoga dengan itu dapat memberikan kemajuan bagi masyarakat Sumbar," tutur Gubernur.

Editor: Sutan Kampai

Related Stories