Layanan Internet Paling Banyak Digunakan Sepanjang 2022

Inilah 5 Kata Kunci yang Jadi Trending di Google Sepanjang 2022 (Pexels.com/Sarah Blocksidge)

Internet menjadi salah satu bagian hidup masyarakat moderen saat ini. Menyambut tahun baru, laman Cloudflare merilis daftar layanan internet yang paling populer digunakan sepanjang 2022.

Untuk menentukan daftar tahun 2022, Cloudflare mengatakan bahwa perusahaan telah melakukan riset berdasarkan algoritma baru. Selain itu mereka juga mengelompokkan domain yang semuanya dimiliki oleh satu layanan internet, seperti Google.com, mail.google.com dan lainnya menjadi satu layanan Google.

Jika biasanya media sosial menjadi raja dari layanan internet yang paling banyak diakses oleh masyarakat, tahun 2022 tampaknya tidak demikian. Pasalnya, berdasar data Cloudflare yang dikutip Senin, 2 Agustus 2023, mesin pencari Google jadi layanan internet yang paling banyak digunakan masyarakat. 

Tahun sebelumnya, posisi Google sebagai raja layanan internet harus digeser oleh aplikasi TikTok.

Setelah Google, aplikasi populer kedua yang banyak digunakan adalah Facebook, diikuti oleh Apple dan TikTok di posisi ketiga. Kemudian, ada layanan video streaming YouTube di posisi ke empat dan layanan Microsoft di posisi kelima.

Posisi keenam ditempati oleh Amazon Web Services, dan disusul oleh Instagram. Kemudian pada posisi kedelapan ada Amazon , disusul oleh iCloud, Netflix, Twitter, Yahoo pada posisi kesembilan.

Tambahan informasi, pada tahun 2022, data Cloudflare menunjukkan bahwa trafik Internet global tetap kuat seperti tahun sebelumnya dengan pertumbuhan  sebesar 23%. Perusahaan juga mencatat trafik internet di seluruh dunia melonjak pada akhir November 2022.

Analisis trafik dari Cloudflare menunjukkan bahwa peningkatan ini dihasilkan dari konvergensi trafik belanja awal liburan di e-commerce dan dimulainya ajang Piala Dunia FIFA Qatar 2022. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags InternetgoogleBagikan

Related Stories