Liburan Nataru 2022 Telah Tiba, Yub Coba 6 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Kereta Api

Mari Berlibur, Ini 6 Rekomendasi Wisata yang Dekat dengan Stasiun Kereta Api (bumn.go.id)

Momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023 menjadi waktu yang pas untuk Anda yang ingin berlibur dan menjajal ragam tempat di Indonesia. Liburan ke berbagai kota kini semakin mudah dengan beragam pilihan moda transportasi, mulai dari pesawat hingga kereta api.

Ada banyak kota dengan beragam pilihan wisata seru dan menarik yang bisa dikunjungi saat liburan. Moda transportasi kereta api yang cepat dan nyaman juga dapat menjadi pilihan tepat untuk mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.

“Stasiun kereta api terletak di tempat strategis, sehingga masyarakat bisa langsung jalan-jalan tanpa menempuh perjalanan panjang lagi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dilansir pada Senin, 26 Desember 2022

Jangan khawatir, ada banyak tempat wisata menarik yang jaraknya sangat dekat dari stasiun. Berikut 6 rekomendasi tempat wisata dekat stasiun kereta yang wajib dikunjungi.

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Pecinta dunia seni mari merapat, tempat wisata dekat stasiun kereta satu ini bisa jadi andalan untuk dikunjungi. Anda hanya perlu naik kereta ke Stasiun Gambir, Jakarta. Di seberang Stasiun Gambir, Anda bisa menjelajah Museum Galeri Nasional Indonesia. Di sana merupakan sarana pameran seni dan kebudayaan, dari yang antik, kontemporer, sampai modern. Fasilitas perpustakaan, dan laboratorium juga ada loh di dalamnya.

2. Benteng Pendem, Cilacap

Benteng Pendem yang terletak di Dusun Kebonjati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini merupakan peninggalan Belanda yang berada di pesisir Pantai Teluk Penyu. Benteng yang dibangun pada 1861, dulunya merupakan markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Di dalam terdapat gudang senjata, benteng pengintai, benteng pertahanan, gudang mesiu, penjara, ruang perwira, hingga dapur. Jika Anda ingin mengunjungi benteng ini, cukup menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer dari Stasiun Cilacap.

3. Kampoeng Plered, Purwakarta

Setelah ke Cilacap, mari lanjut ke destinasi berikutnya yaitu Kampung Maranggi, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kampung Maranggi merupakan tempat makan khusus yang menyediakan Sate Maranggi, sebagai makanan khas dari Purwakarta. Tepatnya di samping halaman Stasiun Plered bisa jadi tempat untuk Anda memuaskan rasa lapar selama perjalanan wisata ke Purwakarta. Untuk menuju Stasiun Plered, Anda bisa menggunakan kereta api Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

4. Wisata Kampung Warna-warni Jodipan, Malang

Kampung warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan nampak sudah tak asing. Ini merupakan satu tempat wisata Malang yang juga dekat dengan Stasiun Malang. Tempat satu ini cocok untuk Anda yang suka foto selfie karena estetik. Di sana ada ratusan rumah yang dicat warna-warni sehingga kampung ini menjadi tampak Instagramable untuk latar belakang berfoto. Jika Anda mau berkunjung ke Jodipan, jaraknya dari Stasiun Malang atau sekitar 1,5 kilometer. Anda bisa berkendara selama sekitar 5 menit atau jalan kaki kurang lebih 17 menit untuk sampai di sana.

5. Kampung Kuliner Binjai

Kampung Kuliner Binjai tempat wisata populer ini juga hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Binjai. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Binjai hingga hidangan khas Sumatra Utara. Konsep di sini cukup unik, yaitu semacam food court. Di sini Anda bisa memilih untuk menikmati makanan di luar ruangan (outdoor) yang tersedia banyak tenda dengan kursi-kursi dengan konsep yang keren. Bagi Anda yang ingin lebih private, bisa memlih makan di dalam ruangan (indoor) agar tidak terganggu dengan suasana keramaian.

6. Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi

Terakhir, melalui Stasiun Ketapang, Anda bisa coba berkunjung ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak yang harus ditempuh dari stasiun ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD) kurang lebih 6,8 kilometer atau perjalanan sekitar 11 menit. Di pantai GWD menyajikan wisata snorkeling, diving, dan trip naik perahu ke Pulau Tabuhan.

Bagi Anda yang dari Semarang ingin menuju Stasiun Ketapang, bisa menggunakan kereta yang baru dijalankan pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yaitu Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang – Ketapang (Banyuwangi) pp. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories