Limbah PT SIER Layak Konsumsi

Dukung Strategi Industrialisasi Hijau, Wali Kota Surabaya Tinjau Pengelolaan Air Limbah Terpadu Kawasan SIER (www.surabaya.go.id)

SURABAYA- Pengelolaan limbah menjadi hal wajib dilakukan, terutama bagi kawasan Industri. Biasanya, pengelolaan limbah, terutama limbah cair dilakukan agar residu itu aman untuk di buang ke lingkungan.

Namun bagi PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), pengelolaan semacam itu tampaknya kurang greget. Alih-alih membuat limbah aman untuk dibuang ke lingkungan, perusahaan pengelolaan kawasan industri tersebut mengelolanya hingga dapat diminum.

Dalam tinjauannya ke kawasan SIER, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa PT SIER memiliki unit pengelolaan limbah khusus. Instalasinya dilakukan lewat saluran khusus WTTP (Wastewater Treatment Plan) Komunal.

Dengan demikian, Air limbah yang kotor, bau dan berbahaya ini bisa diolah sedemikian rupa, hingga airnya bersih dan bisa diminum. Dan yang luar biasa, airnya didistribusikan ke pabrik-pabrik untuk digunakan lagi.

"Semoga suatu saat bisa zero-spill sehingga pemanfaatan air menjadi optimal," ujar Wali Kota Eri Cahyadi, seperti yang dikutip TrenAsia.com dari laman resmi Pemkot Surabaya pada Senin, 31 Juli 2023.

Jadikan Contoh

Atas metode pengelolaan limbah yang dilakukan PT Sier, Eri menghimbau pabrik lain yang berada di Kota Pahlawan dapat meniru unit pengelolaan Limbah cair yang dilakukan oleh PT SIER. Khususnya, jika saat ini perusaan tersebut belum memiliki WWTP yang baik.

Ia mengatakan, keberadaan limbah memang wajar dihasilkan sebagai produk dari proses produksi. Namun, harus dikelola sedemikan rupa.

Tujuannya, agar tak mencapai ambang batas. Alhasil, jika limbah tersebut dibuang ke sungai, tak akan menimbulkan pencemaran. " Apalagi kalau sungai itu dimanfaatkan warga, tentu akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Alhamdulillah, pengolahan limbah SIER salah satu yang terbaik di Indonesia," ujar Eri.
 

Apresiasi Green Industry

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri juga menyorot SIER yang telah menerapkan konsep green industry dan green building. Konsep sederhana penerapan itu adalah dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga surya.

"Konsep green ini bukan hanya kawasan yang banyak pohonnya. Tapi juga telah digunakannya energi terbarukan misalnya dari tenaga surya, aplikasi gedung yang tidak banyak menggunakan lampu. SIER saya lihat sudah menerapkan konsep green ini. WWTP ini memainkan peran penting dalam melindungi kesehatan masyarakat, menjaga kualitas air di sungai dan lautan, serta berkontribusi pada promosi praktik pengelolaan air yang berkelanjutan dan mendukung pengembangan masa depan yang lebih hijau dan bersih. kata Walikota termuda Surabaya ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono menambahkan, SIER berkomitmen dalam mendukung keterlibatan sektor swasta dalam berinvestasi dan mengembangkan inovasi hijau, edukasi dan pelatihan bagi pekerja untuk meningkatkan pemahaman tentang praktik industri hijau.

“Keseluruhan, sesuai arahan Pak Walikota Surabaya saat berkunjung di WWTP SIER tadi, perlu sinergi antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat sebagai kunci untuk mewujudkan industri hijau yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia, sesuai roadmap jangka panjang Strategi Industrialisasi Hijau Indonesia 2030,” tandas Wakil Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia ini.

Editor: Redaksi

Related Stories