Mantap! Ini 4 Bank yang Punya Produk Paylater

Inilah 4 Bank yang Punya Produk Paylater (Bank Mandiri)

JAKARTA - Saat ini banyak layanan paylater yang memudahkan pengguna. Tak ketinggalan, layanan perbankan beramai-ramai turut meluncurkan produk Buy Now Pay Later (BNPL) untuk menyasar nasabah ritel. Hal ini sejalan dengan prospek kredit konsumsi yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan setelah masa pandemi. 

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan, pada Oktober 2023, kredit konsumsi naik 9,28% year-on-year (yoy) mencapai Rp1,89 kuadriliun. Pertumbuhan ini dipandang OJK sebagai sesuatu yang positif karena aktivitas konsumsi dianggap sebagai roda penggerak utama perekonomian Indonesia.

Paylater sebagai produk bank merupakan layanan penyaluran kredit atau pembiayaan melalui aplikasi atau saluran pengiriman yang dimiliki oleh bank, seperti aplikasi mobile banking.

Bank yang Meluncurkan Produk Paylater

Dalam catatan TrenAsia.com, sudah ada 4 bank telah meluncurkan produk paylater. Berikut daftar bank yang menawarkan paylater beserta limit dan bunga pinjamannya.

1. BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi meluncurkan layanan paylater pada 30 September 2023. Layanan paylater ini sudah dapat diakses melalui aplikasi myBCA. 

Adapun paylater BCA merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran melalui scan QRIS di aplikasi myBCA. Pembayarannya dapat dicicil dengan pilihan jangka waktu.

Melansir laman resmi BCA, limit kredit yang ditawarkan hingga Rp 20 juta dengan mekanisme revolving. Terdapat pilihan jangka waktu (tenor) cicilan 1 bulan (bayar nanti), 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan dengan suku bunga sampai dengan 2% flat per bulannya.

Dalam rangka peluncuran fitur baru ini, BCA menebar promo khusus bunga 0% hingga 31 Januari 2024 untuk pengajuan cicilan 1 dan 3 bulan. Kemudian, promo bunga 1,25% hingga 31 Maret 2024 untuk cicilan 6 dan 12 bulan.

2. Allo Bank

PT Allo Bank Indonesia Tbk juga memiliki produk bernama Allo PayLater. Fitur ini menawarkan pilihan tenor, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Allo Paylater dapat digunakan untuk bertransaksi hingga Rp100 juta untuk berbelanja atau bisa dicairkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk biaya admin 1 bulan adalah 4,5%, 4%untuk 3 bulan, 3,5% untuk 6 bulan, dan 3% untuk 12 bulan. Sedangkan biaya keterlambatan pembayaran sebesar 0,30% per hari dari pinjaman pokok yang lewat jatuh tempo.

3. Bank DBS Indonesia

PT Bank DBS Indonesia juga menawarkan fitur paylater bernama Digibank Paylater. Fitur ini hadir untuk mengubah transaksi retail dan tagihan bulanan kartu kredit menjadi cicilan anytime anywhere dengan berbagai keuntungan. 

Beberapa keuntungan yang ditawarkan yakni opsi cicilan jangka panjang, konversi cicilan instan 24/7, serta monitor dan cek status cicilan. Semua layanan ini dapat dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS.

Digibank paytalter memberi pilihan cicilan mulai dari 3 bulan hingga 60 bulan, dengan minimal transaksi Rp300.000 hingga maksimal Rp2 juta per transaksi dengan Kartu Kredit Digibank Black Mastercard World melalui aplikasi digibank by DBS.

4. Bank Mandiri

Terakhir,  PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) baru saja meluncurkan Paylater per 13 Desember 2023. Sebelumnya, Bank Mandiri telah melakukan piloting project Livin Paylater sejak Agustus 2023.

Jika selama masa piloting project hanya nasabah tertentu saja yang dapat memanfaatkan fitur Livin Paylater. Kini, seluruh nasabah Mandiri yang memenuhi kriteria dapat memperoleh limit maksimal hingga Rp20 juta.

Sebagai bagian dari peluncuran fitur ini, nasabah juga bisa menikmati promo menarik Promo Serba 100, berupa cashback 100% yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah untuk berbelanja di berbagai merchant mulai dari tanggal 18 hingga 31 Desember 2023.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 28 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 28 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories